Bupati Samosir Tinjau Pelatihan Kuliner dan Pengolahan Hasil Pertanian

13

RADARINDO.co.id – Samosir : Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST didampingi Asisten II Hotraja Sitanggang, Kadis Kopnakerindag Rista Sitanggang, Kadis Dikpora Jhonson Gultom, Kadis Kominfo Immanuel TP. Sitanggang dan Kadis Sosial PMD Agus Karokaro, meninjau pelaksanaan pelatihan kuliner dan pengolahan hasil pertanian pembuatan kue dan roti di Objek Wisata Lagundi, Desa Sitamiang, Kecamatan Onan Runggu, Kamis (04/4/2024).

Baca juga : Personil Sat Brimob Poldasu Gelar Pembinaan Rohani dan Mental

Pelatihan tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kopnakerindag yang berlangsung selama 18 hari sejak tanggal 13 Maret hingga 05 April 2024.

Kadis Kopnakerindag, Rista Sitanggang menyebut, kegiatan ini diikuti oleh 16 orang peserta terdiri dari anggota BUMDes, Pokdarwis dan kader PKK. Selain untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta, pelatihan juga ditujukan untuk mendukung Objek Wisata Lagundi dalam pemenuhan sajian menu kuliner kepada pengunjung.

Baca juga : Bawa Ganja 7 Kg, Pria Ini Diamankan Personil Polres Batu Bara

Para peserta dilatih oleh instruktur profesional dan sudah mampu membuat berbagai aneka roti dan kue berbahan singkong, ubi ungu lokal serta kue apem berbahan fermentasi tuak (aren).

Setelah meninjau langsung proses pengolahan kuliner, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST meminta agar para peserta tidak menyia-nyiakan dan memanfaatkan pelatihan ini sebaik-baiknya.

Vandiko mengatakan, keindahan Objek Wisata Lagundi memiliki daya tarik yang luar biasa. Potensi ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Tinggal bagaimana masyarakat dan pelaku wisata mengelola, karena bantuan dari pemerintah hanya bersifat stimulan. (KRO/RD/P Simbolon)