Bupati Tapsel Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Lingkungan

8

RADARINDO.co.id – Tapsel : Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024, Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu, mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan.

Baca juga : Peringati HUT Bhayangkara ke-78, Bupati Tapsel dan Forkopimda Kompak Olahraga Bersama

Hal itu disampaikan Bupati saat membuka agenda penanaman pohon pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Desa Simarpinggan, Kecamatan Angkola Selatan, Selasa (25/6/2024).

Bupati menyampaikan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia sekaligus memperingati 50 tahun konvensi stockholm, dimana konvensi stockholm ini telah melahirkan perjanjian internasional dan kebijakan lingkungan hidup secara global.

“Penyelesaian akar masalah lingkungan harus diselesaikan dengan inovasi yang secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan, dan sekaligus harus mengedepankan prinsip keadilan serta inklusivitas,” ujarnya.

Lebih lanjut Dolly mengatakan, Kabupaten Tapsel dikaruniai alam yang begitu asri, indah dan kaya akan hasil alamnya. Selaras dengan tema, “Penyelesaian krisis iklim dengan inovasi dan prinsip keadilan”, maka sudah menjadi tanggungjawab bersama untuk menjaga Bumi Tapanuli Selatan ini agar tetap lestari.

Baca juga : Bupati Samosir Apresiasi Kontrak Pekerjaan Penataan Kawasan Sibea-bea Tahap II

“Ini menunjukkan hak dan kewajiban yang melekat pada setiap orang, artinya setiap orang berhak untuk mendapatkan lingkungan yang baik dan juga berkewajiban untuk memelihara lingkungan. Artinya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, akan tetapi menjadi tanggungjawab semua orang,” ungkap Bupati.

Sebelumnya, Kadis Lingkungan Hidup Ongku Muda Atas Sormin mengatakan, hari lingkungan hidup sedunia diperingati pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya untuk membangkitkan kesadaran akan pentingnya alam dan penghijauan di bumi.

“Adapun tujuan kegiatan ini sebagai wujud kampanye lingkungan hidup, untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku warga terhadap pelestarian alam sehingga tercipta kawasan lingkungan yang bersih dan asri di Tapanuli Selatan,” tutupnya

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dirangkai dengan kegiatan jalan santai, gerakan bersepeda, jambore lingkungan hidup, lomba pengetahuan lingkungan hidup, lomba menulis serta pameran lingkungan hidup dan kerja bakti bersih lingkungan. (KRO/RD/AMR)