Bupati Tapsel Harapkan Kesuksesan MTQ ke-56 Jadi Cermin Penyelenggaraan Tingkat Provsu

1

RADARINDO.co.id-Tapsel: Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu berharap, suksesnya MTQ ke-56 tingkat Kabupaten Tapsel, menjadi cermin berhasilnya penyelenggaraan MTQ ke-39 tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Hal itu disampaikannya saat membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-56 tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan di lapangan Bola Patuan Muda Parlindungan, Desa Tolang, Kecamatan Sipirok, belum lama ini.

Baca juga : Pj Bupati Batu Bara Monitoring Pulau Pandang dan Salah Namo

Bupati menyebut bahwa pelaksanaan MTQ ke-56 tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan adalah untuk membina ukhuwah Islamiyah dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan syiar Islam serta membumikan Al-Qur’an di Tapsel dalam menjaring para qori dan qori’ah yang selanjutnya akan mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sumatera Utara.

“Momentum pelaksanaan MTQ kali ini hendaknya bisa kita jadikan sebagai salah satu tonggak dalam rangka membina qari dan qari’ah menuju kemandirian serta sebagai sarana pembelajaran dan evaluasi bagi kemajuan masyarakat dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan untuk memberantas buta aksara al-qur’an di Kabupaten Tapanuli Selatan,” ujar Bupati Dolly.

Ia juga menyampaikan, tidak lama lagi Kabupaten Tapsel akan menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Sumatera Utara. “Oleh karena itu saya berharap para qari dan qari’ah yang akan berlomba dapat mengerahkan seluruh kemampuan yang dimiliki, karena para juara yang dihasilkan dari pelaksanaan MTQ ini sekaligus dijadikan peserta untuk perlombaan MTQ tingkat provinsi yang akan datang,” lanjutnya

Tidak lupa, dirinya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya MTQ ini terutama antusias masyarakat di 15 kecamatan yang meramaikan dan mensukseskan pelaksanaan MTQ Ke-56 tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan.

Baca juga : Pj Bupati Batu Bara Berikan Tanggapan Terhadap Rekomendasi LKPj 2023

Selain itu, Bupati Dolly juga menyampaikan bahwa Kabupaten Tapanuli Selatan termasuk daerah yang terbaik dalam menurunkan prevalensi stunting di Sumatera Utara, hingga mencapai 23,8 persen.

“Bahwa tahun-tahun lalu anak-anak kita dinilai oleh Survey Kesehatan Indonesia memiliki gizi tidak baik, namun sejak itu sudah kita intervensi sehingga Tapsel menjadi daerah terbaik dalam penurunan stunting se-Sumatera Utara. Terimakasih kepada seluruh masyarakat Tapanuli Selatan,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Tapanuli Selatan, AKBP Yassir Ahmadi mengucapkan terimakasih kepada Bupati Dolly atas jerih payahnya sehingga terlaksana MTQ tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan ini.

“Kami dari Polres Tapsel merasa bersyukur atas terselenggaranya MTQ tingkat Kabupaten. Ini menandakan bahwa Tapsel masih mencintai dan mengamalkan isi al-qur’an dan mensyiarkan al-qur’an kepada generasi muda, saya yakin jika semua mengamalkan isi kandungan dalam al-qur’an maka tidak akan ada lagi tindak kejahatan di Tapsel ini,” tutupnya.

Sebelumnya, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra sekaligus Ketua Panitia Hamdan Zen menjelaskan, MTQ ke-56 tahun 2024 dilaksanakan selama tiga hari mulai 26 sampai 28 April. Adapun kafilah yang turut serta dalam pelaksanaan MTQ terdiri dari 271 kafilah laki-laki, 264 kafilah perempuan dan 122 official dari seluruh kecamatan. (KRO/RD/AMR)