Bupati Tapsel Minta HMI Revitalisasi Kediaman Prof Lafran Pane

10

RADARINDO.co.id – Tapsel : Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu, mendesak Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) untuk melakukan revitalisasi rumah kediaman pendiri HMI Prof Lafran Pane di Desa Pangurabaan, Kecamatan Sipirok.

Baca juga : Diduga Sembunyikan Harun Masiku, Mahasiswa Diperiksa KPK

Hal itu disampaikan Dolly saat menghadiri pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Korps HMI-Wati Cabang Padangsidimpuan Periode 2024-2025 di Gedung Nasional, Kota Padangsidimpuan, Jumat (31/5/2024) lalu.

“Saat ini rumah tersebut sudah berbeda bentuknya dibanding ketika dulu ditinggali oleh almarhum Profesor Lafran Pane. Alangkah monumentalnya itu bisa dimiliki HMI lalu dipugar seperti aslinya, lalu didalam dimuat barang, buku-buku dan karya monumental Prof Lafran Pane yang sangat dikagumi sebagai wujud pelestarian sejarah perjuangan,” ujarnya.

Menurutnya kelahiran sang pelopor HMI yakni Profesor Lafran Pane yang merupakan Pahlawan Nasional berasal dari daerahnya dan menjadikan kabupaten itu eksis di kalangan dunia aktivis secara Nasional bahkan Internasional.

“Namun, saya titip pesan dan mohon kepada Sekjen agar disampaikan kepada para petinggi HMI, rumah peninggalan Profesor Lafran Pane agar dijadikan monumen sebagai legasi sang tokoh besar HMI di Tapsel,” sebut Dolly.

Baca juga : Praktik Kecurangan Marak, KPK Terbitkan Edaran Cegah Suap PPDB 2024

Ia menjelaskan hal itu penting bagi sejarah peradaban di HMI, karena menurutnya Tapsel dijadikan sumbernya HMI yakni, Profesor Lafran Pane ikut mempertahankan kemerdekaan Negara ini, bahkan pemikiran beliau melintasi zaman yang banyak melahirkan calon-calon pemimpin masa depan bangsa.

“Mungkin dari pendirian monumen itu, akan terpampang jelas karya-karya tulis beliau, karya-karya pemikiran beliau yang menjadi pedoman bagi teman-teman hari ini yang akan menjadi seorang pemimpin di masa kini dan masa depan,” timpalnya.

Sementara, Ketua Umum PB HMI Periode 2024-2026 diwakili Sekretaris Jenderal (Sekjen) Muhammad Jusrianto menyahuti harapan Bupati Dolly, yang disebutnya sebagai dukungan luar biasa seorang Kepala Daerah kepada Peradaban HMI.

“Saya kira wajar kekhawatiran dari Bupati dan juga itu beban bagi keluarga besar HMI tentang bagaimana mewujudkan itu. Mudah-mudahan di periode kami PB HMI bisa merealisasikan terkait apa yang diharapkan Bupati Tapsel,” katanya.

Adapun Ketum terpilih pada Pelantikan HMI Cabang Padangsidimpuan Periode 2024-2025 yakni, Ahmat Rasyif Rambe sebagai Ketua Umum dan Fadly Agus Latif Harahap sebagai Sekretaris Umum.

Sedangkan untuk Kepengurusan Korps HMI-WATI yakni, Ade Juwita Harahap sebagai Ketua Umum dan Rabiyatul Adawiyah Matondang sebagai Sekretaris Umum. (KRO/RD/AMR)