Coba Beberapa Cara Ini untuk Atasi Kesemutan

10

RADARINDO.co.id : Seseorang yang mengalami kesemutan, tentunya sangat tidak menyenangkan. Betapa tidak, bagian tubuh yang mengalami kesemutan rasanya seperti ditusuk-tusuk, geli atau hilang rasa.

Gejala kesemutan yang sering terjadi pada tangan maupun kaki itu, biasanya lantaran duduk terlalu lama, posisi menekuk kaki atau tidur dengan posisi menindih tangan. Biasanya, kesemutan menyerang selama beberapa menit saja.

Baca juga : Ganggu Ketertiban Umum Saat Ikut Kampanye, Ratusan Anggota Geng Motor Diamankan

Namun, jika dialami terus-menerus, bisa jadi merupakan tanda atau gejala suatu penyakit, karena kesemutan biasanya akan sembuh sendiri ketika aliran darah ke saraf kembali normal. Melansir tribunmedan.com, coba beberapa cara ini jika kesemutan menyerang.

Hilangkan tekanan

Hilangkan tekanan pada area tubuh yang terkena kesemutan. Pastikan tidak ada yang menghalangi aliran darah menuju bagian tubuh tersebut. Cara untuk melakukan hilangkan tekanan misalnya mengganti posisi tidur, berhenti menyilangkan kaki, berdiri dan menggerakan kaki sejenak, dan aksi lain yang bisa menghilangkan tekanan pada anggota tubuh.

Pijat

Melakukan pijat secara rutin kepada tubuh juga dapat membantu mengembalikan fungsi normal tubuh dengan merangsang saraf. Selain itu, juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu menghilangkan rasa tidak nyaman.

Istirahat Cukup

Kesemutan banyak terjadi karena kerusakan syaraf. Dengan memiliki jam istirahat yang cukup, bisa membantu penyembuhan syaraf. Hal tersebut disebabkan karena saat istirahat atau tidur, tubuh akan melakukan proses perbaikan secara alami. Banyak kasus yang menyebutkan jika tangan dan kaki sejenak diistirahatkan begitu merasakan kebas, akan membantu meredakan gejalanya.

Baca juga : Kantor DPC HNSI Kota Medan Diresmikan, Rahman Gapiqi Siap Advokasi Permasalahan Nelayan Kecil

Ubah posisi tubuh

Salah satu penyebab kesemutan adalah tertekannya saraf, akibat postur tubuh yang kurang baik. Duduk atau berdiri dalam posisi yang salah, dapat meningkatkan tekanan di tubuh, yang dapat merusak otot dan tulang belakang, sehingga memicu kesemutan dan mati rasa. Karena itu, saat duduk, kamu bisa menggunakan bantal sebagai alas, dan pilih kursi yang nyaman serta memiliki sandaran leher. (KRO/RD/TRB)