Destinasi Wisata Penjara di Dunia, Salah Satunya di Indonesia!

149

RADARINDO.co.id-Wisata:
Ketika mendengar kata penjara hal pertama yang biasa terbayangkan adalah sebuah tempat mengerikan dimana terdapat banyak narapidana dan hal-hal negatif lainnya. Gelap, ngeri, dingin, dan suram tentunya menjadi sebuah suasana penjara yang banyak dibayangkan orang. Tentu hal tersebut tidaklah salah, karena memang seperti itulah gambaran sebuah penjara.

Meskipun begitu, terdapat beberapa penjara di dunia yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata. Apa saja? berikut delapan destinasi wisata penjara yang bisa menjadi pilihanmu. Yuk disimak!

1. Inveraray – Skotlandia

Bangunan ini merupakan tempat bekas penjara yang terkenal paling berhantu di Skotlandia. Penjara yang dibuka pada tahun 1820 ini pernah menahan lebih dari enam ribu tahanan, termasuk anak-anak. Kabarnya ketika berkeliling para penjaga penjara mengaku sering disentuh oleh tangan yang tidak terlihat dan juga sering mendengar suara langkah kaki di tempat kosong.


Sejak tahun 1989 Inveraray telah berubah fungsinya menjadi sebuah tempat wisata berupa museum. Di penjara ini terlihat banyak manekin-manekin yang menyerupai tahanan, hakim, jaksa, pengacara dan yang lainnya. Tentunya hal ini akan menambah kesan seram bagi kamu ketika mengunjungi penjara yang satu ini.

2. Devil’s Island – Guyana Prancis

Penjara ini dibangun sekitar tahun 1850-an di bawah perintah Kaisar Prancis Napoleon III. Selama hampir 100 tahun, Devil’s Island merupakan penjara bagi puluhan ribu narapidana dan tahanan politik yang dibuang untuk melayani hukuman mereka dengan melakukan kerja paksa. Para tahanan itu dipaksa bekerja membersihkan hutan hingga membangun jalan tanpa mengenal rasa kemanusiaan.

Ditambah dengan perairan yang dipenuhi dengan hiu dan ancaman penyakit tropis membuat harapan untuk melarikan diri dari pulau penjara ini hampir mustahil. Kalau kamu ingin mengunjungi penjara ini, kamu bisa menaiki bus dari Ibukota Cayenne menuju Kota Kourou, dari pelabuhan Kourou terdapat banyak kapal yang bisa disewa. Perjalanan untuk sampai ke pulau ini memakan waktu hingga satu jam lamanya.

3. Alcatraz – Amerika Serikat

Penjara yang berlokasi di San Francisco, Amerika Serikat ini awalnya digunakan sebagai benteng militer pada tahun 1850-an, kemudian berubah fungsi sebagai penjara pada tahun 1943. Alcatraz terkenal dengan kesadisannya terhadap narapidana yang tinggal di dalamnya dan pernah menjadi rumah bagi penjahat berbahaya, di antaranya adalah bos mafia Al Capone, perampok bank George Kelly, dan Robert Stroud yang dijuluki ‘The Birdman’.

Kalau kamu ingin mampir ke penjara ini kamu hanya bisa menggunakan Alcatraz Cruise, selain itu jika kamu ingin merasakan sensasi yang lebih menyeramkan kamu bisa kok datang pada malam hari karena penjara ini dibuka pada siang maupun pada malam hari.

4. Oxford Castle – Inggris

Kamu pernah berpikir apakah ada sebuah penjara yang di mana menjadi tempat penampungan para penjahat berubah menjadi sebuah hotel yang megah? Ya, hal itu terjadi pada Oxford Castle pada tahun 2004. Bangunan yang telah menjadi hotel ini dulu menjadi bagian dari Kastil Oxford yang berfungsi sebagai penjara bagi para pemberontak. Kastil ini pernah mengalami perombakan besar pada abad ke-18, hingga akhirnya ditutup pada tahun 1996.

Di Oxford Castle ini kamu akan ditawarkan tur untuk menjelajahi Debstor Tower yang angker dan dan dilanjutkan ke Saxon St George’s Tower untuk melihat keindahan Kota Oxford.

5. Nusa Kambangan – Indonesia

Lapas Nusa Kambangan merupakan penjara bagi narapidana kelas kakap sekaligus menjadi tempat pelaksanaan hukuman mati bagi beberapa narapidana. Jadi ketika ada narapidana yang mendekam di lapas ini bisa dipastikan dosanya pasti sangat besar seperti terorisme, peredaran narkoba dan lain-lain.

Tapi, dibalik kesan seram dan suram, pulau ini juga memiliki berbagai tempat wisata yang bisa kamu kunjungi lho, seperti pantai Karang Pandan, pantai Permisan, goa Ratu dan benteng Karang Bolong. Buat kamu yang tertarik untuk mengunjungi pulau Nusa Kambangan, kamu bisa menyewa kapal atau juga bisa dengan menyewa perahu bermotor dari kota Cilacap menuju ke pantai Teluk Penyu untuk menyeberang. (KRO/RD/IDN)