Diduga Akibat Maraknya Kasus Karhutla, Kapolda Riau Dicopot

32 views

RADARINDO.co.id – RIAU : Kapolda Riau, Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo dicopot dari jabatannya. Kapolda Riau dimutasi jadi Pati Baintelkam, penugasan di BIN.

Jabatannya akan digantikan oleh Irjen Agung Setya Imam Effendi. Mutasi Kapolda Riau termuat dalam surat telegram Kapolri ST/2569/IX/KEP.2019 tanggal 27 September 2019.

Dilansir dari Kompas.com, Sabtu (28/9), Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, membenarkan perihal tersebut. “Iya. Beredar TR (Telegram Rahasia) mutasi personel Polri,” jawab Sunarto.

Saat ditanya apakah Kapolda Riau diganti terkait dengan penanganan kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), menurut Sunarto, mutasi jabatan Polri merupakan hal yang biasa.


“Mutasi itu hal yang biasa dan akan terus terjadi sesuai kebutuhan di organisasi Kepolisian yang memang sangat dinamis,” sebut Sunarto.

Sebagai informasi, Irjen Pol Widodo Eko menjabat sebagai Kapolda Riau lebih kurang satu tahun satu bulan. Dia dilantik oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada, Senin (20/8/2018) silam, menggantikan Irjen Pol Nandang.

Namun, Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo dicopot ditengah banyaknya kasus Karhutla, yang sedang terjadi di Riau. Karhutla tersebut menyebabkan kabut asap pekat melanda wilayah Riau, yang berlangsung dua pekan lalu.

Meski saat ini sudah jauh berkurang setelah diguyur hujan. Polda Riau terus didesak untuk menindak tegas pelaku karhutla, baik perusahaan dan perorangan.

Namun, selama penanganan kasus karhutla di bawah pimpinan Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, puluhan pelaku karhutla berhasil ditangkap. Termasuk satu perusahaan sawit. (KRO/RD/Komp)