Diduga Langgar SOP, Anggota Polisi yang Tangkap Saiful Jamil Diperiksa

97

RADARINDO.co.id-Jakarta : Anggota Unit Narkoba Polsek Tambora diperiksa Propam Polres Metro Jakarta Barat untuk mendalami dugaan pelanggaran prosedur saat menangkap pedangdut Saipul Jamil.

Penangkapan Saipul Jamil tersebut terekam dalam video dan beredar di media sosial. Aksi penangkapan itu terjadi di jalur Transjakarta wilayah Jakarta Barat.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Syahduddi mengatakan, pihaknya mengapresiasi upaya anggota Unit Narkoba Polsek Tambora dalam memberantas narkoba. Namun, jika dalam pelaksanaannya diduga ada pelanggaran, maka harus dilakukan tindakan sesuai ketentuan.

“Namun disisi lain, ketika ada indikasi pelanggaran prosedur (SOP) dalam tindakannya maka kami tidak akan segan-segan memberikan punishment kepada setiap anggota yang melanggar,” kata Syahduddi dalam keterangannya, Selasa (09/1/2024), melansir cnnindonesia.

Syahduddi menyebut, untuk sementara waktu anggota Unit Narkoba Polsek Tambora akan dibebastugaskan sebagai penyidik selama pemeriksaan oleh Propam Polres Jakbar. Syahduddi juga menyatakan bahwa pemeriksaan oleh Propam Polres Jakarta Barat itu akan dilakukan secara profesional.

“Kami menjamin pemeriksaan Propam terhadap anggota yang terlibat dalam penangkapan tersebut berjalan dengan obyektif dan bisa memberikan rasa keadilan bagi semua pihak,” ucapnya.

Sebelumnya, Saipul Jamil ditangkap aparat Polres Jakarta Barat, Jum’at (05/1/2024). Penangkapan Saipul sempat terekam video dan viral di media sosial.

Polisi menyebut asisten artis Saipul Jamil berinisial S yang turut ditangkap di kawasan Jakarta Barat menyimpan narkoba jenis sabu di bungkus rokok.

Penangkapan Saipul berawal saat kepolisian hendak meringkus para pelaku narkoba. Naas, Saipul berada dalam mobil yang sama dengan pelaku. Dalam kasus ini, polisi menetapkan dua orang sebagai tersangka. Yakni S selaku asisten Saipul dan R yang merupakan pengedar narkoba.

Sementara untuk Saipul dinyatakan tidak terlibat dan dibebaskan. Selain itu, berdasarkan hasil tes urine hingga rambut, Saipul juga dinyatakan negatif dari narkoba. (KRO/RD/CNN)