Dinas Dukcapil Kirim Akta Perkawinan Bentuk PDF ke Pakkat

41

RADARINDO.co.id-Doloksanggul: Dinas Dukcapil Kabupaten Humbahas melalui perangkat desa di Desa Lumban Tonga-Tonga Kecamatan Pakkat serahkan Akta Perkawinan kepada pengantin pasangan baru Harintua Manalu dengan Rita Boru Tumanggor, Sabtu (1/4) di Pakkat.

Baca juga : Pengurus Bhayangkari Cabang Sergai Bagikan 200 Takjil

Akta Perkawinan itu diserahkan petugas desa setelah selesai pemberkatan di gereja HKBP Pakkat. Pegawai Dinas Dukcapil Asnita Natalia Purba SH menjelaskan pelayanan “SIPALAWIJA” (sistem pelayanan akta perkawinan di gereja) merupakan inovasi layanan administrasi kependudukan.

Pelayanan Sipalawija sudah berjalan dengan baik dengan adanya kerjasama antara Dinas Dukcapil dengan Kepala Desa bersama perangkatnya, tokoh masyarakat, tokoh agama termasuk pada pengurus rumah ibadah.

Baca juga : Polres Pelabuhan Belawan Ungkap Beberapa kasus Tindak Pidana

“Kerjasama kami ini sudah terbukti, pada hari ini Sabtu 1 April 2023, petugas desa di Kecamatan Pakkat telah menyerahkan Akta Perkawinan kepada pasangan pengantin baru. Akta itu diberikan kepada pasangan setelah selesai pemberkatan dari gereja. Administrasi kependudukan Akta Perkawinan itu kami kirim ke desa yang bersangkutan melalui PFD (Portable Document Format).Jadi Akta Perkawinan yang dikeluarkan Dinas Dukcapil dikirim dalam bentuk PDF yaitu sebuah format berkas. Jadi petugas disana tinggal mencetak atau memprint sesuai dengan format yang kami kirim,” tambah Asnita Purba.(KRO/KOMINFO/RS)