Dirut PT Pelindo I Belum Beri Penjelasan

122

RADARINDO.co.id-Medan: Direktur Utama PT Pelindo I belum bersedia menjelaskan konfirmasi RADARINDO.co.id GROUP KORAN RADAR. Awalnya, ingin wawancara langsung kepada orang nomor satu di Pelindo I namun belum terwujud, baru baru ini.

Petugas scurity tidak membenarkan bertamu karena suasana covid 19. Tamu hanya diperbolehkan apabila ada surat bukti lolos rapid. Demikian dikatakan petugas scurity Pelindo I.

Media online RADARINDO.co.id telah menyampaikan konfirmasi tertulis Nomor 28/RADARINDO.CO.ID/KB/I/2021 tanggal 25 Januari 2021. Materi yang disampaikan diantaranya adalah Investasi Unit Galangan Kapal (UGK) PT Pelindo I diduga Conflict of Interest.

Pemeliharaan kapal dilakukan untuk mengurangi kemungkinan risiko kerugian yang lebih besar yang diakibatkan kerusakan yang tidak terduga. Pekerjaan yang dilaksanakan UGK serta untuk mempertahankan kesiapan operasional, periode tahun2016 sampai 2018.

Pekerjaan Reklamasi, dermaga, Container Yard dan Utilitas terminal peti Kemas Belawan Fase 2 sesuai kontrak Nomor UM.54/3/20/PTP-14 tanggal 27 November 2014 dengan kontraktor pelaksana joint operation antara PT WK (pemilik saham 15%, dan PT HK (pemilik saham 15%). Sedangkan PT Pelindo I pemilik saham 70%.

Tanah yang digunakan SAN belum dievaluasi secara konprehensip. Sebanyak 6 kali perjanjian kerjasama pemanfaatan lahan dengan SAN seluas 52.058,10 M2 di Pelabuhan Belawan telah habis masa berlakunya sejak Desember 2011 sampai bulan Februari 2013.

Pekerjaan Kapal Tunda Cabang Dumai. Serta program penataan pelabuhan Belawan, akan dilakukan proses relokasi keberadaan fasilitas Terminal Penumpang dari lokasi awal di dermaga Ujung Baru ke dermaga Belawan Lama.

Kerjasama dengan PT. MM tentang pengelolaan/ pengusahaan terminal curah kering. Jika dilihat dari rentang waktu masa kontrak perjanjian 20 tahun. Audit SPI, Nomor: 06/LHA/KP/V/13-RH/ tanggal 10 Juni 2013, periode Januari sampai dengan Desember 2012, antara lain Realisasi kinerja operasional cabang masih menyebabkan biaya tinggi di Pelabuhan.

Potensi efisiensi kas perusahaan dari percepatan pelunasan pinjaman kredit investasi dan pembayaran beban bunganya dikaitkan dengan tersedianya saldo kas dalam bentuk deposito. Audit SPI Nomor:09/LHA/BLW/VII/13-RH/ tanggal 15 Juli 2013, periode Desember sampai 2012 sampai dengan Desember 2013, penyelesaian pekerjaan pergantian Fender pada Dermaga 105 terminal Ujung Baru Tipe V.500 – L.1500. Intisari hasil audit SPI, periode bulan Januari sampai dengan Desember 2013.

Diharapkan Dirut Pelindo I bersedia memberikan jawaban dan atau penjelasan secara tertulis. Sehingga dapat dijadikan materi pemberitaan yang berimbang, sesuai UU Pokok Pers Nomor 40 Tahun 1999 dan kode etik jurnalistik. (KRO/RD/Tim)