DPRD Medan Apresiasi Walikota Robohkan Bangunan, Jln Kepribadian Diduga Cagar Budaya

42 views
DPRD Medan Apresiasi Walikota Robohkan Bangunan, Jln Kepribadian Diduga Cagar Budaya
DPRD Medan Apresiasi Walikota Robohkan Bangunan, Jln Kepribadian Diduga Cagar Budaya

RADARINDO.co.id-Medan : DPRD Medan Apresiasi Walikota Robohkan Bangunan, Jln Kepribadian Diduga Cagar Budaya.

Ketua Komisi IV DPRD Medan, Paul Mei Anton Simanjuntak mengapresiasi langkah yang dilakukan Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution yang dengan tegas merobohkan bangunan di depan gedung di Jalan Ahmad Yani VII. Termasuk bangunan Jln Kepribadian, Medan, yang diduga merupakan cagar budaya.

Dimana, bangunan tersebut tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sehingga dirobohkan tim Satpol-PP Medan yang langsung dipimpin Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution.

”Kami atas nama lembaga DPRD dan saya secara pribadi memberikan apresiasi atas langkah yang dilakukan oleh Walikota Medan. Ini tegas menunjukkan sebuah komitmen untuk penataan kota ini lebih baik. Dan dengan langkah ini ke depan kota Medan akan lebih baik dan tertata,” ucap Paul.


Sambung, politisi PDI Perjuangan tersebut , pihaknya juga mendukung secara kelembagaan.

Lihat juga : Fraksi PAN DPRD Medan Minta Pemko Terbitkan Perwal

DPRD Medan Apresiasi Walikota Robohkan Bangunan, Jln Kepribadian Diduga Cagar Budaya
DPRD Medan Apresiasi Walikota Robohkan Bangunan, Jln Kepribadian Diduga Cagar Budaya

”Atas nama Komisi IV DPRD Medan langkah yang dilakukan oleh Walikota Medan patut kita apresiasi. Dan ke depan selaras dengan program kerja yang diusung untuk penataan kota ini lebih baik, maka koloborasi antara lembaga legislatif dan eksekutif perlu ditingkatkan ,” katanya.

Diakui , Paul bahwa selama ini pihaknya mengalami kesulitan didalam persoalan bangunan selain tidak memiliki izin juga terindikasi adanya back up para oknum.

”Baru-baru ini kami lakukan kunjungan kerja dari 15 titik yang kami tinjau dilapangan hampir sebagian tidak memiliki izin. Disinilah, perlu sikap tegas Walikota Medan agar melakukan evaluasi dan tindakan terhadap para oknum ASN dibalik pendirian bangunan ini,” ucap Paul yang memberikan contoh berupa bangunan diarea Jalan Ring Road dan Jati Junction.

”Bangunan ini perlu juga ditindak tegas karena kami sudah lakukan kunjungan kerja hasilnya bangunan tidak memiliki izin ,” ucap Paul seraya mengatakan pihaknya akan memberikan data bangunan- bangunan yang tidak memiliki izin bila diminta.

Lihat juga : Belasan Ruko di Kota Pinang Hangus Di Lalap Sijago Merah

Masih terkait bangunan di Jln Kepribadian, Medan. Bangunan yang diduga merupakan cagar budaya kondisi bangunan tersebut sudah renovasi total kecuali tembok dinding dasar.

Sementara itu salah seorang pemoborong bangunan Acuan saat dihubungi bangunan tersebut akan menjadi empat lantai.

Ia mengaku sudah mendapat izin dari Tata Kota Pemko Medan. “Kami sudah punya izin, Tata Kota Medan sudah mengecek bangunan yang kami rubuhkan untuk di renovasi”, kata via seluler, baru baru ini.

Pria pemborong yang mengaku bernama Acuan itu mengaku ruko yang sedang di renovasi itu merupakan cagar budaya.

“Siap yang bilang bangunan cagar budaya kami rubuhkan. Itu bukan dirobohkan, tapi hanya di renovasi saja”, ujarnya membantah.

Ditempat berbeda, anggota DPRD Medan, Dedy Nasution mengatakan akan mengecek ke lokasi. “Jika itu cagar budaya kami akan mengambil sikap”, ujar wakil rakyat dari Partai Gerindra.(KRO/RD/Ptr)