Empat IRT Konsumsi Narkoba Sebelum Beraksi Copet di Pasar Tarutung

197

RADARINDO.co.id – Taput: Tim Opsnal Polres Tapanuli Utara mengamankan Empat ibu rumah tangga (IRT) yang terlibat kasus pencurian di pajak Tarutung Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara pada hari Sabtu (09/01/2021) sekira pukul 11.00 Wib.

Keempat pelaku berhasil di amankan dari salah satu kamar Hotel di Kecamatan Tarutung setelah dilakukan introgasi terhadap pelaku inisial NAM (36).

Kapolres Tapanuli Utara AKBP Muhammad Saleh dalam keterangan Pers nya di Maco Polres Tapanuli Utara, Kamis (14/1/2021).

“Dari hasil interogasi singkat diketahui bahwa ke empat IRT tersebut baru saja mengkonsumsi Narkotika jenis Sabu dalam salah satu kamar Hotel di Tarutung. Ke empat IRT tersebut berasal dari Jln Brigjend Katamso Medan, Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Medan Maimon datang ke tarutung dengan maksud untuk melakukan pencurian dengan cara mencopet di Pajak Tarutung”, terang AKBP Muhammad Saleh.

AKBP Muhammad Saleh menambahkan kronologi kejadian, ke empat pelaku terlebih dahulu mengkonsumsi narkotika jenis sabu di dalam kamar hotel.

Kemudian inisial NAM (36) berangkat kepajak untuk melakukan aksi pencopetan sehingga akhirnya di amankan warga dan di serahkan kepada petugas kepolisian yang melaksanakan pengamanan pajak Tarutung. Menurut pengakuan tersangka NAM(36) bahwa dirinya mengkonsumsi narkotika jenis sabu adalah agar dirinya lebih tenang dalam melakukan aksinya sebagai pencopet.

Yang mana dirinya selalu mengkonsumsi sabu setiap kali melakukan pencopetan, tersangka juga menerangkan bahwa dirinya sudah 2 kali beraksi di Pajak Tarutung, tandas Kapolres.

Adapun peran ke 4 pelaku tersebut antara lain :

1. Berisial NAM (36) berperan sebagai pemetik atau pencopet yang beraksi di pajak atau tempat tempat keramaian.

2. Bernisial HH (51) berperan sebagai pengatur keuangan yakni mengatur biaya ongkos, makan minum, penginapan, hingga untuk membeli sabu. HH juga berperan sebagai pembagi hasil pencopetan.

3. Berinisal IY (45) berperan sebagai pembantu atau orang suruhan untuk membeli sabu dan keperluan keperluan lainnya.

4. Berinisial S alias Susan (36) berperan sebagai pembantu berupa untuk mencuci pakaian, memijat dan mempersiapkan alat alat untuk mengkonsumsi sabu berupa merakit bong/alat hisap sabu.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya tersangka dan barang bukti berupa 1 buah plastik klip bening berisi narkotika jenis sabu bekas pakai.

1 buah plastik klip berisi plastik bening yang di dalamnya terdapat narkotika jenis sabu 1,68 GR, 3 buah pipa kaca berisi narkotika jenis sabu bekas kaca, 8 buah pipet plastik, 1 buah botol kemasan merk Clean-Q.

3 lembar tissu, 1 lembar kertas timah rokok, 3 buah jarum suntik dalam tabung suntik, 1 buah senter warnah merah hitam, 1 buah klip bening kosong.

1 lembar kertas tiket travel, 1 buah plastik warna hitam diamankan ke kantor SatRes Narkoba Polres Tapanuli Utara.(KRO/RD/Reno. H)