Geger, Demi Polis Asuransi Warga Binjai Masih Hidup Ngaku Mati

47 views

RADARINDO.co.id – BINJAI : Entah setan apa yang menyebabkan pria berinisial HM (42) ini nekad masih hidup tapi mengaku mati, demi polis asuransi.

HM warga Binjai, Sumatera Utara ini akhirnya dibekuk Polisi diduga melakukan pemalsuan kematian dirinya.

HM diduga memalsukan kematiannya demi polis asuransi. Surat dan penipuan yang dilakukan HM, yang katanya sudah meninggal ternyata masih hidup dan segar bugar.

Demikian dikatakan Kapolres Binjai, AKBP Romadhoni Sutardjo, seperti dilansir dari Antara, Selasa (22/12/2020).


Kasus ini berasal saat HM membeli produk asuransi dengan membayar premi Rp54.000 pada 6 Februari 2020.

Hery kemudian diduga membuat surat palsu tentang keterangan kematiannya dari Kepala Desa Tunggorono pada 7 Maret 2020.

Hery juga diduga memalsukan surat keterangan kecelakaan lalu lintas. Dia juga diduga membuat klaim asuransi dengan memalsukan tanda tangan istrinya.
Pada 9 Maret 2020, HM disebut mengirim formulir klaim asuransi dengan melampirkan foto copy KTP dan SIM C atas nama istrinya.

Formulir dan dokumen palsu untuk mengklaim asuransi itu dikirim ke Jakarta. Perusahaan asuransi kemudian memberikan uang santunan Rp90 juta kepada HM pada 30 Maret 2020.

Uang itu ditransfer ke rekening tersangka. Perusahaan asuransi kemudian membuat laporan ke Polres Binjai terkait dugaan surat palsu dan penipuan.

Laporan itu dibuat karena pihak asuransi mengetahui Hery belum meninggal dunia. Atas laporan tersebut pelaku akhirnya ditangkap polisi.

Sejumlah warga termasuk para tetangga pelaku awalnya tidak mengetahui HM membeli menjadi nasabah asuransi kematian. “Setelah ditangkap polisi kami saya pun tahu,” ujar salah seorang warga dengan nada heran.

(KRO/RD/ans)