Hewan Kesayangan Rasulullah, Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga?

808

RADARINDO.co.id – Medan : Kucing adalah salah satu hewan peliharaan sekaligus kesayangan Rasulullah SAW. Umat mengetahui hal, dalam kisahkan dalam Islam dijelaskan, Nabi Muhammad SAW pernah memiliki kucing bernama Muezza atau Muizza.

Lantaran sayangnya, pada sebuah riwayat diceritakan kucing ini pernah berada di jubah saat Rasulullah hendak sholat.

Baca Juga : Wanita Hamil Wajib Makan Pisang, Manfaatnya Tak Disangka

Menariknya, Rasulullah tidak membangunkan kucing itu melainkan memotong sebagian jubahnya.

Mengapa kucing menjadi salah satu hewan kesayangan. Benarkah kucing disebut tidak masuk surga?.

Kenapa kucing tidak masuk surga, sesuai dikutip dari berbagai sumber alasanya adalah kenapa kucing tidak masuk surga selayaknya manusia.

Melansir dari situs Pejabat Mufti Wilayah Persekutuan Jabatan Perdana Menteri, Malaysia, berdasarkan hadits yang diceritakan Abu Hurairah. Hadits terdapat dalam kitab Tafsir Al Thabari.

Artinya: “Sesungguhnya Allah akan mengumpulkan semua makhluk pada hari akhirat kelak. Yaitu setiap hewan, burung-burung, dan juga manusia. Lalu Allah berkata kepada haiwan-haiwan dan juga burung, “Jadilah kamu tanah.”

Alasan kenapa kucing tidak masuk surga beserta hewan lainnya karena mereka bisa menjadi penyebab siksa kubur manusia. Pada dasarnya setiap hewan bisa memberikan kebaikan kepada manusia.

Kendati demikian, ada juga dampak tidak baik yang bisa diperoleh dari hewan, termasuk kucing.

Misalnya saja, ada yang menjadikan hewan ini sebagai pesugihan kucing kembang telon untuk memperoleh kekayaan.

Baca Juga : India Memanas, Warga Hindu Dipenggal Lantaran Hina Nabi Muhammad

Kucing juga menjadi salah satu penyebab siksa berdasarkan hadist riwayat Bukhari. Artinya: “Seorang perempuan diazab karena seekor kucing yang dia kurung sehingga dia mati kelaparan. Maka wanita tersebut masuk ke dalam neraka disebabkannya.” (HR Bukhari).

Hal tersebut diuraikan sesuai dikutip dari rumah123.com. Tanggapan lain dari beberapa sumber hakekatnya kucing merupakan hewan kesayang Nabi Muhammad SAW. Sesungguhnya surga dan negara hanya milik Allah SWT.

(KRO/RD/R123.COM)