Ini 10 Tips Hemat Daya Baterai Smartphone Android

97 views

RADARINDO.co.id : Permintaan performa smartphone android terus meningkat. Untuk mengakomodasi itu, diperlukan prosesor dan layar yang besar.

Sayangnya, perkembangan baterai Lithium-Ion belum membuat kemajuan yang signifikan. Ini membuat anda hanya mengandalkan perangkat lunak untuk membuat daya baterai lebih lama atau mengganti ponsel dengan daya baterai yang lebih besar.

Berikut beberapa tips untuk membuat baterai smartphone android mampu bertahan lebih lama.

  1. Matikan Bluetooth, GPS, dan NFC

Dengan mengaktifkan GPS, maka akan membuat smartphone harus bekerja lebih keras. Sebagian besar orang, tidak menyadari ketika GPS berjalan terus, padahal GPS sangat menguras baterai. Untuk itu pastikan hanya menggunakan GPS atau Bluetooth atau NFC ketika perlu saja.


  1. Matikan fitur Auto Sync

Auto Sinkronisasi atau Auto Sync merupakan fitur android yang bekerja secara berkala di latar belakang. Ketika fitur ini dinyalakan, android akan mensinkronkan dan mengunduh informasi secara otomatis bila diperlukan.

  1. Matikan animasi pada sistem android

Secara default, android akan mengaktifkan fitur animasi pada jendela pengoperasian sistem. Maksudnya, ketika anda membuka atau menutup aplikasi, sebenarnya ada animasinya. Misalnya ketika membuka atau menutup aplikasi tertentu akan ada efek efek animasi perpindahan jendela. Mematikan pada sistem android akan meningkatkan daya tahan baterai juga meningkatkan performa kecepatan ponsel.

  1. Kurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang

Ketika ponsel kamu terasa berat dan boros baterai, bisa jadi hal itu disebabkan karena banyak sekali aplikasi yang berjalan di latar belakang atau berjalan di background.

  1. Jangan gunakan anti virus

Tanpa menggunakan anti virus, sebenarnya android sudah aman dan tidak diperlukan adanya aplikasi anti virus. Hal ini berbeda jika anda menggunakan PC Windows. Tahukah kamu bahwa linux pun sebenarnya tidak perlu anti virus.

  1. Jangan pakai aplikasi penghemat baterai

Aplikasi penghemat baterai hanya akan memperberat kinerja smartphone. Tujuan menghemat baterai adalah dengan mengurangi aplikasi yang berjalan. Jika kita menambah aplikasi, secara tidak langsung akan memperberat kinerja gadget.

  1. Atur tingkat kecerahan layar

Semakin cerah layar, maka diperlukan daya yang makin besar pula. Hal itu akan membuat baterai cepat terkuras. Gunakan fitur auto sehingga smartphone akan menyesuaikan kecerahan layar sesuai kondisi ruangan.

  1. Hindari penggunaan wallpaper animasi

Wallpaper animasi memang bagus, ponsel akan tampak lebih hidup dan enak dilihat mata. Namun, tentu saja baterai akan cepat terkuras habis karena untuk menjalankan animasi secara terus menerus membutuhkan CPU dan RAM yang bekerja tanpa henti.

  1. Atur waktu tidur ponsel

Smartphone android memiliki pengaturan waktu tidur pada ponsel. Maksudnya, ketika ponsel selesai digunakan, kemudian dalam waktu tertentu layar akan otomatis mati. Faktor yang paling utama menggunakan baterai yaitu layar. Jadi, waktu yang ideal untuk mengatur waktu tidur ponsel sekitar 2 menit.

  1. Matikan getar dan suara tombol

Fitur getaran pada ponsel merupakan penyebab terbesar kedua yang membuat baterai cepat habis. Motor elektrik untuk menggetarkan ponsel membutuhkan daya yang cukup besar. Memang, ada kalanya fitur getaran pada ponsel di perlukan. Aktifkan hanya pada mode silent atau mode sunyi saja. Selain itu, suara pada papan tombol sebaiknya di matikan lantaran hal itu juga dapat menyebabkan baterai terkuras habis lebih cepat. (KRO/RD/Trb)