Ini Beberapa Amalan untuk Dikerjakan Pada Bulan Ramadhan

9

RADARINDO.co.id : Bagi umat Muslim, bulan Suci Ramadhan adalah hal yang paling dinantikan untuk memperbanyak ibadah dan selalu berbuat kebajikan. Tentu saja, mengerjakan berbagai amalan di bulan penuh berkah ini pun tak akan dilewatkan.

Ada beberapa amalan utama bulan Ramadhan yang bisa dikerjakan, mulai dari puasa, tarawih, hingga tadarus Al Quran. Amalan-amalan ini tak hanya dapat dimanfaatkan untuk mendulang pahala, tetapi yang utama adalah untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Melansir cnnindonesia, berikut amalannya

Puasa
Amalan utama di bulan Ramadhan adalah berpuasa. Hal itu sebagaimana tercantum dalam Surat Al Baqarah ayat 183. Dalam ayat ini, puasa Ramadhan ditegaskan sebagai kewajiban bagi setiap umat Islam yang sudah balig dan berakal sehat.


Sholat tarawih
Meskipun hukumnya sunah, sholat tarawih termasuk ke dalam amalan utama di bulan Ramadhan. Anjuran melaksanakan ibadah tarawih terdapat dalam riwayat Rasulullah yang termaktub dalam Kitab Musnad Ahmad bin Hanba

I’tikaf
Amalan utama bulan ramadhan lainnya adalah i’tikaf. Muhammadiyah dalam laman resminya menjelaskan i’tikaf secara harfiah berarti berdiam diri dan menetap dalam di suatu tempat, biasanya di masjid. Nabi Muhammad SAW dalam suatu riwayat disebutkan melakukan i’tikaf pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Sedekah
Rasulullah pernah menyatakan bahwa bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk bersedekah. Selain bersedekah, wajib bagi setiap Muslim yang menjumpai Ramadhan harus membayar zakat. Zakat fitrah adalah upaya untuk membersihkan hati dan perkataan kotor dari orang yang berpuasa, juga untuk berbagi makan kepada orang miskin. (KRO/RD/CNN)