Ini Beberapa Manfaat Air Garam

114 views

RADARINDO.co.id : Meski terlihat sederhana, namun air garam memiliki banyak manfaat. Biasanya, sebagian orang banyak yang memanfaatkan air garam untuk obat kumur guna mengatasi bau mulut hingga sariawan. Manfaat air garam untuk kesehatan tidak hanya itu saja, masih banyak manfaat lain yang perlu diketahui.

Dilansir dari alodokter, garam atau yang juga disebut dengan natrium klorida (NaCl), mengandung mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Selain mineral, beberapa jenis garam juga dilengkapi dengan kandungan yodium, kalium, kalsium, zat besi, dan zinc.

Baca juga : Ini Cara Bersihkan Lendir di Tenggorokan dan Paru-paru

Garam tidak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap, tapi juga untuk mengatasi beragam keluhan kesehatan. Cara mendapatkan manfaat garam yang cukup populer adalah dengan melarutkannya dengan air, lalu menjadikannya sebagai “obat”.


Beberapa manfaat air garam diantaranya adalah untuk mengatasi hidung tersumbat atau pilek yang disebabkan oleh sinusitis, rhinitis, alergi, atau flu, Anda dapat membilas hidung menggunakan air garam. Hal ini karena air garam dapat membantu membersihkan rongga sinus dan hidung dari berbagai kuman, virus, lendir, dan kotoran.

Baca juga : Ini Penjelasan Tentang Baca Pikiran Orang

Selain itu, air garam juga bisa menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Berkumur menggunakan air garam dapat dapat membantu membersihkan karang gigi dan membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang memicu bau mulut. Berkumur menggunakan air garam ini juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat.

Tak hanya itu, air garam juga mampu mengatasi sakit tenggorokan. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman ini, Anda dapat menjadikan larutan air garam sebagai obat alami sakit tenggorokan.

Caranya adalah dengan melarutkan 1 sendok teh garam meja ke dalam 1 gelas air hangat, lalu gunakan larutan ini untuk berkumur. (KRO/RD/ALD)