Ini Beberapa Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

17

RADARINDO.co.id : Tak hanya dipakai sebagai bumbu masakan, jahe juga kerap dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi, mulai dari mual, batuk, nyeri sendi, hingga nyeri akibat terapi kanker.

Baca juga : Ini Beberapa Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Jahe merupakan tanaman herba yang masih berkerabat dengan temu ireng, kencur, kecombrang, dan jahe merah. Di Indonesia, tanaman herbal ini kerap dikonsumsi sebagai bumbu masakan, hingga aneka minuman tradisional, seperti sekoteng, teh jahe, bandrek, dan bajigur. Melansir sejumlah sumber, berikut manfaat jahe bagi kesehatan tubuh.


Meredakan Pusing

Pusing bisa membuat Anda kehilangan keseimbangan, penglihatan seperti kunang-kunang, dan mungkin disertai oleh mual. Gejala pusing yang diikuti mual bisa diredakan dengan mengonsumsi jahe.

Mengurangi nyeri menstruasi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi jahe bisa membantu mengurangi gejala nyeri menstruasi. Khasiat jahe sepertinya dapat disamakan dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat . Bagi wanita yang sering merasa nyeri saat menstruasi, bisa coba mengonsumsi ekstrak jahe selama tiga hari di awal menstruasi.

Baca juga : Manfaat Terapi Bekam Bagi Kesehatan Tubuh

Mencegah morning sickness

Kondisi mual dan muntah akibat morning sickness kerap dialami oleh wanita di awal masa kehamilan. Namun, mual dapat dikurangi dengan mengonsumsi jahe. Tetapi perlu diingat, ibu hamil tidak boleh sembarang mengonsumsi obat, termasuk herba dan obat-obatan tradisional. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi jahe.

Mengurangi rasa mual dan muntah usai operasi Mengonsumsi jahe satu jam sebelum operasi diduga bisa mengurangi rasa mual dan muntah selama 24 jam pasca operasi. Selain dikonsumsi melalui mulut, mengoleskan minyak jahe juga diduga bisa mencegah mual. (KRO/RD/ALD)