Ini Cara Mudah dan Ampuh Turunkan Gula Darah

18

RADARINDO.co.id : Gula darah tinggi atau yang juga dikenal sebagai hiperglikemia merupakan kondisi yang dikaitkan dengan diabetes dan pradiabetes. Seseorang dikatakan prediabetes jika memiliki kadar gula darah diatas normal, tetapi tidak cukup tinggi untuk diklasifikasikan sebagai diabetes.

Baca juga : Massa Minta Kepala BPN dan Dirut Perumda Tirtanadi Dicopot

Tubuh biasanya mengatur kadar gula darah lewat produksi insulin, yaitu hormon yang memungkinkan sel-sel menggunakan gula yang bersirkulasi dalam darah. Dengan demikian, insulin ialah pengatur kadar gula darah yang paling penting.

Manajemen gula darah sangat penting bagi orang dengan prediabetes atau diabetes. Sebab, kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam anggota tubuh dan nyawa. Melansir guesehat.com, berikut cara mudah dan ampuh turunkan gula darah.

Perhatikan asupan karbohidrat

Memperhatikan asupan karbohidrat penting bagi pengidap diabetes tipe 2. Sebab, karbohidrat adalah salah satu penyebab gula darah naik seketika. Karbohidrat tidak hanya ditemukan pada makanan biasa, seperti roti, kentang, dan pasta saja. Tetapi juga ada dalam buah-buahan, sayuran, permen, dan susu.

Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab utama resistensi insulin. Kehilangan sekitar 2 kg saja sudah dapat memberikan perubahan pada gula darah. Penurunan 5 sampai 10 persen berat badan menghasilkan peningkatan sensitivitas insulin dan toleransi glukosa.

Baca juga : Ketum PJSI Jalin Silaturahim dengan Kicau Mania

Tingkatkan asupan serat

Serat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula darah. Artinya, itu mendorong peningkatan kadar gula darah secara bertahap. Semua jenis serat baik untuk tubuh, tetapi serat larut paling baik untuk meningkatkan kontrol gula darah.

Minum cukup air dan tetap terhidrasi Minum cukup air penting untuk mencegah dehidrasi dan membantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urine. Individu yang minum lebih banyak air memiliki risiko lebih rendah terkena hiperglikemia. (KRO/RD/GS)