Ini Fakta-fakta Daun Kratom yang Belum Diketahui Banyak Orang

18

RADARINDO.co.id : Nama daun kratom mungkin masih asing didengar oleh sebagian orang. Namun belakangan ini, daun kratom menjadi perbincangan karena dampaknya yang memiliki efek candu seperti memakai narkoba.

Baca juga : Pemerintah Luncurkan Logo dan Tema HUT RI ke-79

Tumbuhan asli Indonesia ini banyak tumbuh di hutan Kalimantan. Daun ini banyak dijadikan sebagai obat alternatif untuk penawar rasa sakit berbagai kondisi medis. Ada senyawa aktif yang berkontribusi pada efek terapeutiknya.

Beberapa senyawa utama yang terkandung di dalam daun kratom antara lain Mitragynine, 7-hydroxymitragynine, Speciociliatine, Corynantheidine, Speciogynine, Paynantheine dan Mitraphylline. Tetapi, ada beberapa fakta tentang daun kratom yang belum diketahui banyak orang.

Pereda nyeri

Daun ini memiliki tiga jenis yang berbeda yakni vena putih, vena hijau, dan vena merah. Semuanya merupakan pereda efektif untuk nyeri kronis. Ketiganya menawarkan efek pereda nyeri dengan menempel pada reseptor opioid.

Baca juga : PTPN Janji Lunasi Utang ke Karyawan dan Pensiunan Tahun Depan

Turunkan Kadar Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa daun kratom dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini menjadikannya pilihan potensial sebagai suplemen alami bagi penderita diabetes yang ingin mengontrol kadar gula darah lebih efektif.

Atasi Diare

Manfaat lain dari daun kratom adalah kemampuannya dalam mengatasi diare. Dengan sifat antispasmodik yang dimilikinya, daun kratom membantu meredakan kejang otot di saluran pencernaan, sehingga efektif dalam mengurangi frekuensi dan keparahan diare.

Tingkatkan Energi dan Stamina

Di Asia Tenggara, daun kratom sering digunakan untuk meningkatkan energi dan stamina. Alkaloid dalam kratom memberikan efek stimulan ringan yang membantu meningkatkan kewaspadaan dan daya tahan tubuh, membuat pengguna merasa lebih bertenaga dan siap menjalani aktivitas sehari-hari. (KRO/RD/CNBC)