Ini Keistimewahan Baca Surah Al-Kahfi Pada Hari Jum’at

51

RADARINDO.co.id : Rutin membaca surah Al Kahfi, terutama pada hari Jum’at, akan mendapat banyak kebaikan, baik untuk urusan dunia maupun bekal akhirat. Surah Al Kahfi merupakan surah ke-18 dalam Al-Qur’an. Surah yang terdiri dari 110 ayat ini tergolong Makkiyah karena diturunkan di Mekkah.

Baca juga : Surah Al-Fatihah Jika Diamalkan Lihat Apa yang Terjadi Pada Hidupmu

Anjuran membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum’at muncul karena banyaknya peristiwa luar biasa pada hari tersebut. Dalam kitab Shahih Muslim dijelaskan, ‘Sebaik-baiknya hari ketika sang surya menyinarinya adalah hari Jum’at. Pada hari Jum’at, Nabi Adam AS diciptakan, dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan kiamat tidak terjadi kecuali pada hari Jum’at’ (HR Muslim).

Melansir cnnindonesia.com, ada beberapa keistimewahan membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum’at, diantaranya terhindar dari fitnah Dajjal. Membaca surah Al-Kahfi sebanyak minimal 10 ayat bakal menjadi pelindung diri dari fitnah Dajjal.

Tak hanya itu, membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum’at, dosanya akan diampuni Allah SWT. Pasalnya, surah ini bisa dibacakan untuk meminta pengampunan dosa dengan sungguh-sungguh. Keistimewahan lainnya adalah mengingatkan tentang hari kiamat. Beriman pada hari akhir adalah salah satu rukun iman. Hari kiamat pasti terjadi. Namun, hanya Allah SWT yang mengetahui waktunya. (KRO/RD/CNN)