Ini Makanan Alami Penambah Trombosit

25

RADARINDO.co.id : Trombosit adalah jenis sel darah yang bertanggungjawab untuk pembekuan darah. Ketika jumlah trombosit turun dibawah tingkat normal, risiko perdarahan yang tidak terkontrol atau berkepanjangan akan meningkat.

Baca juga : Mulai Biasakan, Ternyata Ini Manfaat BAB Pagi Hari

Jumlah trombosit yang rendah dapat terjadi karena dua alasan, yakni tubuh tidak memproduksi cukup trombosit atau memecah trombosit terlalu cepat. Kondisi seperti leukemia dapat memperlambat produksi trombosit, begitu pula beberapa obat kemoterapi. Melansir cnnindonesia, ini beberapa makanan alami penambah trombosit.

Pepaya
Meskipun ada banyak teori mengapa pepaya dapat meningkatkan trombosit, tampaknya buah kaya enzim ini secara signifikan meningkatkan aktivitas enzim yang penting dalam produksi trombosit di sumsum tulang. Anda bisa makan buah pepaya segar atau membuat jus dari daun pepaya untuk menambah trombosit.

Baca juga : Coba Beberapa Cara Ini untuk Atasi Kesemutan

Bayam dan Sayuran Berdaun Hijau Lainnya
Bayam merupakan sumber folat (vitamin B9) yang sangat baik, nutrisi yang dibutuhkan tidak hanya untuk produksi trombosit tetapi juga sel darah merah dan sel darah putih. Pilihan lain yang baik untuk makanan tinggi folat termasuk sayuran berdaun hijau lainnya seperti sawi, hati sapi, kacang-kacangan (terutama kacang polong dan kacang merah), nasi, kacang tanah, dan asparagus.

Kiwi
Kiwi kaya akan vitamin C dan merupakan tambahan yang bagus untuk diet rendah trombosit. Vitamin C mendukung fungsi normal trombosit, seperti berkumpul (agregasi) dan menempel. (KRO/RD/CNN)