Jangan Sepeleh Rebusan Daun Sirih Khasiat Bagi Kesehatan

30 views

RADARINDO.co.id-Medan: Daun sirih ya siapa tak mengenal daunya. Bahkan ketika zaman dahulu atau “Tempo Doeloe” nenek moyang kita sudah sangat akrab dengan daun ini. Saking akrabnya daun sirih tua itu dimakan setelah dicampur pinang, kapur, dan gambir.

Beberapa menit setelah komat-kamit bukan baca matra tapi mengunyah daun sirih, kemudian keluar cairan merah ketal seperti darah.

Hasil kunyawahan daun sirih itu tidak semua dibuang tapi ada yang ditelan (makan-red). Apa yang terjadi? Gigi para nenek moyang kita tetap utuh dan tidak ompong meski usia mereka mencapai 60 tahun sampai 80 tahun.
Nah bagaimana kita memanfaatkan daun sirih antara zaman Tempo Doeloe dengan zamam Now?
Jangan sekali kali sepeleh terhadap rebusan daun sirih, karena mempunyai maaf besar bagi kesehatan.
Hemat kami tidak ada perbedaan yang terlalu mendasar. Sederhana saja, daun sirih dikunyah kunyah atau direbus kemudian melahirkan manfaat bagi kesehatan.

Manfaat daun sirih bagi kesehatan manusia lainya, dapat mengobati sejumlah jenis penyakit. Daun sirih yang bersifat antiseptik dapat membersihkan saluran pernafasan. Bagi mereka yang ingin mencoba silakan rebus 3 daun sirih dengan 500 ml air. Kemudian hirup uap rebusan dari daun sirih. Lakukan 2x sehari supaya bisa mengeluarkan dahak membandel.
Banyak orang yang tidak tahu manfaat daun sirih yang menyimpan segudang manfaat ajaib untuk kesehatan tubuh manusia.
Seperti dapat menyembuhkan luka, mengobati sakit batuk, maag, hingga jantung. Zat apa saja yang terkandung di dalam daun sirih, sehingga bisa juga menurunkan kadar gula dalam darah setiap orang.


Penelitian pernah dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih bermanfaat menurunkan kadar gula dalam darah normal menjadi rendah.
caranya gampang cuci 3 helai daun sirih kemudian merebusnya dengan 300 ml air. Minum air ini secara rutin setiap hari.
Dalam daun sirih terdapat beberapa senyawa yang bersifat kardiotonik. Kardiotonik sendiri berarti dapat menstimulasi denyut jantung. Daun sirih bisa mengontrol denyut jantung yang tadinya tidak teratur menjadi lebih terkontrol. Gak heran risiko penyakit jantung bisa dicegah dengan daun ajaib
Tak disangka daun sirih bisa menurunkan kadar gula dalam darah, sesuai dihimpun dari dedaunan.com
Bahwa daun sirih ternyata bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih bermanfaat menurunkan kadar gula dalam darah normal menjadi rendah.

Selain dapat menyembuhkan penyakit maag. Ekstrak daun ini mengandung senyawa aktif yang berfungsi melindungi lapisan lambung sehingga bisa meminimalisir luka akibat asam lambung. Cara membuat ramuan obat ini juga mudah. Ambil 5 helai daun sirih rebus dengan 500ml air. Selagi hangat, minum ramuan ini 2 kali sehari.

Minyak esensial yang terkandung di dalam daun sirih ternyata bisa membunuh jamur.
Tak banyak orang tahu jika daun sirih mengandung minyak esensial yang disebut eugenol. Minyak ini ampuh menangkal infeksi jamur pada kulit, seperti panu, kadas, dan kurap. Cara pengobatannya tergolong mudah, kamu bisa menumbuk daun sirih dan mengoleskannya pada area yang dikehendaki.
Ternyata daun sirih mengandung asam askorbat. Zat ini merupakan antioksidan yang bisa melawan kanker. Salah satu cara mudah mencegah kanker mulut adalah rutin mengunyah daun sirih setiap hari. Jika ingin membentengi tubuh dari sel kanker, kamu bisa rutin minum air rebusan daun sirih.

Kadar fungsi enzim hati bisa terjaga kenormalannya berkat senyawa aktif yang ada di daun sirih. Selain itu, enzim hati ini juga berfungsi menjaga metabolisme dalam organ hati. Bahkan, penelitian menunjukkan ekstrak daun sirih ampuh melindungi hati dari zat kimia tertentu dan infeksi.
Apakah selama ini kamu kerap membersihkan organ intim dengan sabun khusus untuk daerah kewanitaan? Tahukah kamu jika sabun tersebut berbahan baku daun sirih? Pasalnya, sifat daun sirih yang anti bakteri dan antiseptik bisa membersihkan daerah kewanitaan. Caranya, rebus daun sirih dengan air, kemudian saat masih hangat gunakanlah untuk membasuh daerah kewanitaan. Namun jangan menggunakan air sirih terlalu sering karena bakteri baik juga bisa mati. Jika matamu merah karena lelah atau merasa gatal karena kemasukan debu, kamu bisa menyembuhkannya dengan air daun sirih. Caranya, rebus daun sirih kemudian saat air hangat-hangat kuku kamu bisa merendam bagian mata. Meski terasa pedih, namun setelahnya kamu bakal merasa bahwa matamu sangat jernih. Namun, jangan sering-sering melakukan ritual ini ya karena mata akan menjadi berasa kering.
(KRO/RD/mdn/BC)