Jantung Pisang Bisa Cegah Infeksi, Ini Manfaat Ajaib Lainnya

15

RADARINDO.co.id : Pisang adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya buahnya saja, bahkan jantung pisang atau bunga pisang, juga memiliki banyak kandungan gizi yang sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca juga : Terinspirasi Ayah Mertua, Christian Rontini Putuskan Peluk Islam

Biasanya, masyarakat Indonesia mengolah jantung pisang sebagai sayur atau teman nasi. Diantaranya dimasak santan atau merebus. Melansir mediablora, berikut beberapa manfaat “ajaib” jantung pisang bagi kesehatan tubuh.

Cegah Infeksi

Jantung pisang mengandung etanol dan antioksidan yang efektif dalam membasmi bakteri penyebab infeksi. Hasil penelitian menunjukkan, kandungan tersebut mampu mencegah pertumbuhan bakteri patogen yang menyebabkan infeksi saluran kencing, saluran pencernaan, hingga mencegah pertumbuhan jerawat.

Baca juga : Sakit Hati Ditolak “Nambah Main”, Pria Ini Aniaya Teman Kencan Hingga Tewas

Atasi Nyeri Menstruasi

Bagi kaum Hawa, mengkonsumsi jantung pisang satu hari sebelum menstruasi alias datang bulan, dapat membantu mengatasi nyeri perut dan mengurangi pendarahan. Hal itu karena bunga pisang dapat meningkatkan hormon progesteron yang membantu mengurangi nyeri dan perdarahan.

Kontrol Diabetes

Ekstrak jantung pisang dapat meningkatkan penyerapan glukosa dan memperlambat peningkatan kadar gula darah. Rutin mengkonsumsi jantung pisang, bisa membantu menstabilkan kadar gula darah para penderita diabetes. (KRO/RD/MB)