Jengkol Miliki Beragam Manfaat Bagi Kesehatan

39

RADARINDO.co.id : Bagi masyarakat Indonesia, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jengkol. Buah yang khas dengan aromanya ini, ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Baca juga : Peneliti Temukan Pohon yang Memiliki Racun Seperti Kalajengking

Banyaknya manfaat jengkol untuk kesehatan berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Sehingga tak heran mengkonsumsi jengkol mampu memberikan manfaat bagi kesehatan. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam jengkol diantaranya seperti protein, serat, kalsium, fosfor, natrium, vitamin C, vitamin A dan berbagai nutrisi lainnya. Berikut beberapa manfaat jengkol untuk kesehatan.

Mencegah Anemia

Salah satu manfaat jengkol untuk kesehatan diantaranya mampu mencegah anemia. Hal tersebut karena jengkol mengandung zat besi yang berperan aktif mencegah dan mengatasi kelurangan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Baca juga : Manusia Telah Tidur di Atas Kasur Sejak 200.000 Tahun Yang Lalu

Menguatkan Tulang dan Gigi

Jengkol mampu menguatkan tulang dan gigi lantaran kandungan zat besi, protein dan kalsium yang dimiliki.

Mencegah Radikal Bebas

Jengkol juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang membahayakan kesehatan. Selain itu, kandungan antioksidan dalam jengkol juga mampu mengurangi risiko kanker.

Mengatasi Penyempitan Pembuluh Darah Jengkol juga bermanfaat untuk mengatasi penyempitan pembuluh darah. Mengkonsumsi jengkol mampu mengurangi risiko penyakit jantung karena aliran darah ke jantung menjadi lebih lancar. Kandungan mineral jengkol juga mampu melebarkan pembuluh darah yang menyempit dan mencegah pembuluh darah menyempit kembali. (KRO/RD/KTN)