Kadisdik Sumut Buka MTQ dan Pesparawi SMA/SMK Tingkat  Kabupaten Pakpak

73

RADARINDO.co.id – Pakpak Bharat : Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Pesparawi SMA/SMK tingkat Kabupaten Pakpak Bharat dipusatkan di SMA Negri 1 Salak, Sabtu (4/3/2023).

Tampak ratusan pelajar dari SMA dan SMK se-Kabupaten Pakpak Bharat, hadir untuk mengikuti kegiatan MTQ dan Pesparawi SMA/SMK ini.

Baca juga : Sekda Pimpin Apel Gabungan Pemkab Pakpak Bharat


Kegiatan MTQ dan Pesparawi SMA/SMK tersebut, dibuka Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Sumatera Utara (Provsu), DR H Asren Nasution, MA ditandai dengan pemukulan gong.

Dalam sambutannya, Kadisdik Sumut menyampaikan bahwa salah satu ciri khas pendidik adalah bangga dan bersyukur kala anak didiknya berhasil. Asren juga mengaku, tak ada alasan baginya tidak datang ke Kabupaten Pakpak Bharat.

Diharapkan, kedepannya ada peningkatan signifikan dibidang pendidikan di Kabupaten Pakpak Bharat, khususnya bagaimana budi pekerti anak-anak meningkat dari hari kehari.

“Itulah tujuan MTQ dan Pesparawi yang kita laksanakan hari ini. Pengalaman bertugas saya dalam masa pangkat keremajaan ada dilingkungan Katolik, Protestan dan Hindu, mereka menjaga saya setiap hari, nafas keberagaman itu benar-benar ada dalam diri saya, selamat bertanding anak-anakku,” kata Asren Nasution.

Asren mengapresiasi adanya kegiatan ini dan berjanji akan memberikan hadiah khusus bagi peserta yang bisa menembus final di Provinsi dari Kabupaten Pakpak Bharat.

Sementara, Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd menjelaskan bahwa Tilawah dan Pesparawi yang utama ada pada ‘lagunya’, yang pada kegiatan itu disatu padukan dalam keberagaman yang indah.

Sedangkan, Kepala SMN N 1 Salak, Nur Laila Solin, S.Pd mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan pertama kali dilaksanakan di Pakpak Bharat.

Baca juga : Sekda Pakpak Bharat Buka RAT Koperasi Pesada Perempuan Tangguh

“Sebuah penghormatan tinggi bagi kami, bisa menyelenggarakan event MTQ dan Pesparawi secara bersamaan dalam waktu dan tempat yang sama. Ini perdana di Kabupaten Pakpak Bharat. Kita berharap kegiatan ini tidak hanya sekedar lomba, akan tetapi sebagai sarana motivasi bagi anak-anak agar bergiat belajar Al Qur’an, kegiatan ini diharapkan bisa berkelanjutan, membentuk karakter siswa dan siswi memiliki profil Pancasila,” ucap Nur Laila Solin.

Dalam kesempatan tersebut, Asren Nasution juga menyerahkan bantuan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk rehab SMK Kusuma di Kecamatan Pagindar yang rusak akibat bencana alam beberapa waktu lalu. (KRO/RD/Las)