Kasihan, Warga Desa Paluh Kurau Banyak Belum Tersentuh Program Bedah Rumah Pemkab DS

197
Kasihan, Warga Desa Paluh Kurau Banyak Belum Tersentuh Program Bedah Rumah Pemkab DS
Kasihan, Warga Desa Paluh Kurau Banyak Belum Tersentuh Program Bedah Rumah Pemkab DS

RADARINDO.co.id-Deli Serdang : Kasihan, Warga Desa Paluh Kurau Banyak Belum Tersentuh Program Bedah Rumah Pemkab DS. Meskipun pemerintah dalam hal ini Kementerian PUPR telah 2 tahun meluncurkan program Bedah Rumah dengan nama program BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya).

Namun saat ini masih banyak warga miskin di Desa Paluh Kurau Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang yang belum tersentuh program tersebut.

Bahkan program Bedah Rumah, Pemkab Deli Serdang, seperti BSPS ini pun sebenarnya juga telah lama bergulir di Dinas Perkim Kabupaten Deli Serdang.

Sesuai hasil pantauan RADARINDO.co.id di Dusun IX Desa Paluh Kurau pada Rabu (23/06/2021) pagi, masih banyak terlihat rumah- rumah yang kondisinya sangat memprihatinkan.

Baca juga : Enam KK Tak Terima Ganti Rugi Proyek Jalan Tol Binjai Mengadu Ke Poldasu

Betapa tidak, rumah- rumah yang terbuat dari dinding tepas dan papan tersebut kondisinya ada yang sudah miring dan nyaris ambruk.

Salah seorang warga miskin di Dusun tersebut yang rumahnya telihat sangat memilukan hati bernama Bapak Jumadi Harahap (65) ditemani sang istri, Nurcahaya br Siregar, kepada RADARINDO.co.id mengatakan bahwa mereka telah 40 tahun menetap di Dusun tersebut tapi belum pernah didatangi pemerintah menawarkan bantuan Bedah Rumah.

“Kami sudah lama kali tinggal disini pak, sudah 40 tahun, tapi belum pernah ada yang datang menanyakan keadaan rumah kami ini. Baru Bapak lah (RADARINDO.co.id) yang datang kemari menanyakannya”, ujar Pak Harahap berlinang air mata.

Baca juga : Polres Taput Limpahkan Kasus Penipuan Ro500 Juta ke JPU

Tak jauh dari rumah Pak Harahap, Ibu Rosinah (60) yang rumahnya juga tak kalah memprihatinkan, dengan raut wajah sedih juga sangat berharap rumahnya mendapat program bedah rumah.

Kasihan, Warga Desa Paluh Kurau Banyak Belum Tersentuh Program Bedah Rumah Pemkab DS
Kasihan, Warga Desa Paluh Kurau Banyak Belum Tersentuh Program Bedah Rumah Pemkab DS

” Rumah ini memang sudah pernah diphoto- photo pak tapi sampai sekarang belum ada bantuan bedah rumah itu. Dulu katanya karena ada Covid, jadi ditunda. Tapi sampai sekarang belum ada juga”, tutur Ibu Rosinah didampingi suami Arbanik.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Desa Paluh Kurau, Selamat, ketika dikonfirmasi di kantornya Rabu siang tidak berada di tempat.

Sementara itu kepala Dusun IX Nasrun Damanik mengatakan bahwa pihaknya bukan tidak bekerja, tapi secara diam- diam ternyata sudah melakukan pendataan terhadap warga yang rumahnya akan dibedah.

“Kami sudah mendata semua rumah warga yang diusulkan akan mendapat program Bedah Rumah pak. Hanya saja kami melakukannya secara diam- diam. Soalnya kalau nanti kami survey langsung, mereka akan terus menanyain kami. Sementara kami dari pihak Desa sifatnya hanya mengusulkan saja, dan yang menentukan itu adalah orang pusat”, terang Kadus Damanik.

Lihat juga : Kemenag Dan MUI Labusel Gelar Pengajian Bersama Warga Binaan Rutan Kelas III

Makanya lama mereka dapat bantuan Bedah Rumah ini, lanjut Kadus Damanik lagi, itu karena terkendala Alas Hak tanah mereka.

Kami sudah menghimbau agar mereka segera mengurus alas hak tanahnya, dan mereka sekarang sudah mulai ada yang mengurus. Mudah- mudahan tahun ini rumah mereka sudah dibedah.

Sementara itu program Bedah Rumah BSPS Tahun Anggaran 2021 di Desa Telaga Tujuh Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang ada sebanyak 107 rumah yang mendapat bantuan. Namun 7 orang warga mundur.

“Kami mengusulkan ke Balai Provinsi untuk Bedah Rumah sebanyak 107 orang. Tapi ada yang mundur 7 orang”, ujar Kepala Desa Telaga Tujuh Sunarto. (KRO/RD/Ganden)