Kejari Medan Musnahkan BB Senilai Rp1,7 Miliar

65

RADARINDO.co.id-Medan:
Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan musnahkan sejumlah barang bukti narkotika senilai Rp1,7 miliar yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde) di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Medan, Selasa (1/12)

Barang bukti yang dimusnahkan berasal dari 613 perkara narkotika yang terdiri dari sabu-sabu sebanyak 1,6 Kg lebih, daun ganja kering 548,32 gram, dan pil ekstasi sebanyak 245,35 gram.

“Selain itu, terdapat sejumlah barang bukti lainnya yang berasal dari 204 perkara pidana keamanan negara dan ketertiban seperti, minuman beralkohol, rokok, obat-obatan, jamu, kosmetik, koin, kalkulator, buku tulis, pisau, parang, screenshoot percakapan (perkara ITE), uang palsu, pakaian dan celana dalam,” jelas Kajari Medan, Teuku Rahmatsyah.

Kajari Medan itu juga mengatakan bahwa keselurahan barang bukti tersebut dimusnahkan dengan cara dihancurkan dan dibakar sampai habis dan tidak dapat dipergunakan lagi.

“Sedangkan Barang bukti narkotika jenis sabu-sabu dan pil dimusnahkan dengan menggunakan mesin insenerator, sedangkan barang bukti jenis ganja dimusnahkan dengan cara dibakar sampai habis. Namun, sebelum dimusnahkan terlebih dahulu dilakukan pengujian oleh tm labfor polri cabang Medan terhadap barang bukti narkotika jenis pil, sabu dan ganja,” tandasnya

Lebih lanjut, mekanisme kerja mesin Insenerator, dimana pembakaran barang bukti narkotika dilakukan pada chamber tertutup untuk menghindari bahaya toksin maupun efek negatif lainnya dari barang yang akan dimusnahkan. Barang bukti yang dimusnahkan pada chamber insenerator akan habis terbakar dan tidak bisa dipergunakan lagi. (KRO/RD/Wpd)