Keluarga Gorila Alami ‘Ledakan Angka Kelahiran’

61

RADARINDO.co.id-Internasional:
“Ledakan kelahiran bayi gorila di Bwindi – bayi kelima hanya dalam enam pekan! Keluarga gorila Rushegura menyambut satu lagi bayi gorila yang lucu dan sehat.” Itulan pernyataan UWS pada Selasa (01/09).

Keluarga gorila itu kini terdiri dari 18 anggota dan menempati taman nasional Bwindi Impenetrable National Park yang terletak di Uganda barat daya.

Bayi gorila terbaru dilahirkan oleh Ruterana, yang sudah melahirkan dua kali sebelumnya. Menurut UWS, Ruterana dilahirkan pada tanggal 1 Januari tahun 2002 sehingga ia sekarang berumur 18 tahun. Gorila gunung ini termasuk spesies yang terancam dan jumlahnya yang terisa hanya sekitar 1.000.

Pengelola Margasatwa Uganda mengatakan jumlah kelahiran gorila tahun ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Tujuh bayi gorila lahir sejak Januari padahal hanya tiga bayi yang lahir selama tahun 2019.

Namun tidak jelas apa yang menyebabkan peningkatan kelahiran itu. Wartawan BBC Afrika Catherine Byaruhanga melaporkan ledakan kelahiran ini terjadi ketika taman nasional melakukan uji coba kunjungan ke lokasi-lokasi primata, yang sebelumnya dihentikan karena pandemi virus corona. (KRO/RD/Ano)