Kerap Dianggap Berbahaya, Ini Beberapa Manfaat Mandi Malam Bagi Kesehatan

573 views

RADARINDO.co.id : Mandi saat malam hari, kerap dianggap berbahaya. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena ada banyak manfaat mandi malam yang bisa diperoleh. Diantaranya, membuat tidur lebih nyenyak hingga meningkatkan imunitas tubuh.

Banyak orang memilih untuk tidak mandi malam karena khawatir terkena rematik, yaitu penyakit autoimun yang menyebabkan penderitanya alami nyeri sendi. Padahal, hal tersebut merupakan mitos belaka.

Faktanya, sampai saat ini belum ada penelitian yang mengungkapkan bahwa kebiasaan mandi malam bisa menyebabkan rematik di kemudian hari. Sebaliknya, ada banyak manfaat mandi malam yang bisa dirasakan, baik itu mandi menggunakan air hangat maupun air dingin. Berikut beberapa manfaat mandi malam bagi kesehatan.

Bikin tidur lebih nyenyak


Mandi air hangat dengan suhu 40–420 C selama 10 menit pada 1–2 jam sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak, bahkan saat cuaca panas sekalipun. Manfaat ini dapat diperoleh karena air hangat dapat membuat otot-otot menjadi lebih rileks sehingga Anda lebih mudah untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Tidur menjadi lebih cepat

Mandi malam dengan air hangat dapat membuat Anda tidur lebih cepat. Sebuah penelitian yang dilakukan pada lansia menunjukkan bahwa mereka yang mandi air hangat sebelum tidur cenderung lebih mudah terlelap dibanding mereka yang tidak mandi menggunakan air hangat sebelum tidur.

Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit

Mandi air hangat di malam hari dapat membuka pori-pori sehingga bisa membersihkan kotoran dan minyak yang terperangkap di kulit secara maksimal. Dengan membiasakan mandi malam sebelum tidur, kebersihan dan kesehatan kulit menjadi terjaga.

Redakan gejala pilek dan batuk

Bagi yang sedang menderita pilek dan batuk, Anda dianjurkan untuk mandi malam menggunakan air hangat daripada air dingin. Alasannya karena panas dan uap yang keluar dari air hangat bisa membuat saluran napas menjadi terbuka.

Turunkan tekanan darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa berendam air hangat selama 11–15 menit sebelum tidur efektif dalam menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang turun setelah mandi malam menggunakan air hangat dapat mencapai 16 mmHG.

Tingkatkan imunitas tubuh

Meski perlu untuk ditelilti lebih lanjut, mandi malam menggunakan air dingin telah terbukti bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh. Pasalnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mandi air dingin atau membilas tubuh menggunakan air dingin ketika mandi malam dapat membantu mempercepat pemulihan dari sakit.

Tingkatkan suasana hati Mandi malam menggunakan air dingin bisa memperbaiki mood atau meningkatkan suasana hati. Manfaat mandi malam ini dapat diperoleh karena mandi menggunakan air dingin bisa membuat hormon dopamin meningkat. Efeknya, Anda akan merasa lebih baik ataupun bahagia. (KRO/RD/IND)