Kesuksesan Bismar Simamora Warga Humbahas Petani Binaan PT. Toba Pulp Lestari

70 views
Kesuksesan Bismar Simamora Warga Humbahas Petani Binaan PT. Toba Pulp Lestari
Kesuksesan Bismar Simamora Warga Humbahas Petani Binaan PT. Toba Pulp Lestari

RADARINDO.co.id – Tapanuli : Kesuksesan Bismar Simamora Warga Humbahas Petani Binaan PT. Toba Pulp Lestari

Sejalan dengan visi perusahaan, tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, PT. Toba Pulp Lestari Tbk selalu hadir berkontribusi untuk dapat memberikan manfaat secara langsung kepada pihak-pihak disekitar perusahaan. Melalui program Tanaman Tumpang Sari, PT. Toba Pulp Lestari telah melaksanakan kegiatan tersebut dibeberapa wilayah, salah satunya di Sektor Aek Raja.

Bismar Simamora, salah satu petani binaan PT Toba Pulp Lestari yang berasal dari Desa Simarigung, Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan berhasil menjalankan program tumpang sari bahkan meraih keuntungan hingga mampu membangun rumah bagi keluarganya.

Baca juga : Tingkatkan Sinergitas dan Soliditas, Kapolres Padangsidimpuan Kunjungi Kodim 0212/TS 


Pada tahun 2018, Humas Sektor Aek Raja pada saat itu, Ramson Simamora mengajak Bismar untuk mau melalukan program tumpang sari. Walau waktu Bismar masih ragu-ragu untuk mengikuti namun pihak PT Toba Pulp Lestari tetap mengajak Bismar bahkan menunjukkan secara langsung bagaimana program tumpang sari yang ada di Pondok Bina Tani milik perusahaan. Setelah melihat percontohan tumpang sari yang berhasil, Bismar tertarik dan menjalin kerjasama program tumpang sari dengan PT Toba Pulp Lestari.

Kesuksesan Bismar Simamora Warga Humbahas Petani Binaan PT. Toba Pulp Lestari
Kesuksesan Bismar Simamora Warga Humbahas Petani Binaan PT. Toba Pulp Lestari

Melihat keantusiasan dari Bismar, Pihak Community Development (CD) PT TPL mendatangi Bismar dan memberikan kompos sebanyak 600 sak pupuk ayam, dan 1,5 ton pupuk kimia berupa pupuk TSP dan urea, obat-obatan tanaman, pompa untuk menyemprot, beserta 10kg bibit jagung yang akan ditanam dilahan miliknya seluas 1 hektar untuk luas efektif penanaman jagung tumpang sari.

Penanaman perdana tumpang sari pertama kali dilakukan pada tanggal 15 April 2020 dengan menggunakan tanaman jagung. Dari hasil penanaman tersebut, diperoleh hasil sebanyak 7,1 ton jagung. Dengan hasil tersebut, Bismar menggunakannya sebagian untuk membangun rumah yang ditinggalinya sekarang. Sebagian lagi digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari dan juga digunakan sebagai modal untuk melanjutkan penanaman kedua.

Bismar menyampaikan apresiasinya kepada pihak PT Toba Pulp Lestari atas program kerjasama yang telah terjalin.

“Saya sangat berterimakasih kepada Toba Pulp Lestari dan kita semua atas kepeduliannya kepada masyarakat sehingga kepercayaan masyarakat kepada perusahaan menjadi pulih dan tidak lagi ada rasa takut untuk menanam tanaman di antara pohon eukaliptus,” ujar Bismar.

Nikson Siregar, selaku Kepala Desa Simarigung dan mewakili pemerintahan mengatakan bahwa selama ini hubungan yang terjalin antara perusahaan dan masyarakat desa terjalin dengan baik. Bentuk kerjasama yang terjalin antara warga desanya dengan perusahaan seperti tumpang sari ini memberikan dampak yang positif. Kedepannya, Nikson berharap tidak hanya itu saja, tapi perusahaan dapat terus berkelanjutan hadir berkontribusi untuk memajukan desanya.

Baca juga : Koran Radar Group

Humas Sektor Aek Raja, Jubpri Sibuea mengatakan bahwa PT Toba Pulp Lestari Tbk mengutamakan kerjasama untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat dalam pelaksanaan operasionalnya. Program tumpang sari merupakan salah satu program untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Perusahaan akan terus berkomitmen untuk hadir berkontribusi memberikan dampak positif kepada masyarakat disekitar wilayah operasional perusahaan. Semoga kerjasama selalu terjalin dengan baik,” ujar Jubpri (KRO/RD/Reno H)