Ketahui Tanda Masalah Kolesterol Tinggi Pada Jari dan Tangan, Jangan Sepelekan

20

RADARINDO.co.id : Masalah kolesterol tinggi, adalah salah satu penyakit yang sering diderita seseorang. Tak jarang, masalah kolesterol tinggi mulai terasa dari tangan dan jari-jari penderitanya.

Setiap tahunnya, jutaan orang di dunia mengalami masalah kolesterol tinggi. Apalagi saat Hari Raya Idul Adha. Banyak orang didunia, khususnya Umat Islam, yang mengalami masalah kolesterol tinggi akibat makan daging. Dimana, Hari Raya Idul Adha merupakan hari istimewa bagi Umat Islam untuk berqurban hewan seperti kambing, sapi dan unta.

Baca juga : Jantung Pisang Bisa Cegah Infeksi, Ini Manfaat Ajaib Lainnya

Daging qurban selanjutnya dibagi-bagikan kepada masyarakat, terkhusus Umat Islam. Bahkan, banyak umat non Muslim yang mendapat bagian hasil daging qurban, karena alasan tertentu.

Tentu saja, banyaknya mengkonsumsi daging, sebagian besar orang pasti mengalami masalah kolesterol tinggi. Ketika kadar kolesterol melebihi batas yang diinginkan, plak dapat menumpuk di arteri dan menghalangi aliran darah ke jantung. Kondisi ini meningkatkan risiko serangan jantung dan penyakit jantung serius lainnya.

Oleh karena itu, memahami tanda-tanda kolesterol tinggi dan dampaknya pada kesehatan jantung, sangat penting untuk intervensi dini. Melansir sejumlah sumber, berikut beberapa tanda masalah kolesterol tinggi yang dapat terlihat pada tangan dan jari.

Baca juga : Terinspirasi Ayah Mertua, Christian Rontini Putuskan Peluk Islam

Tak Nyaman atau Nyeri

Seseorang bisa menderita serangan jantung yang potensial akibat kadar kolesterol tinggi. Bisanya hal itu ditandai dengan ketidaknyamanan, mati rasa, atau sensasi kesemutan di tangan dan jari.

Terasa Dingin

Tanda masalah kolesterol tinggi lainnya adalah terasa dingin pada tangan dan jari. Gejala ini jelas menunjukkan sirkulasi darah yang buruk, yang merupakan akibat umum dari kolesterol yang tinggi.

Bengkak

Tanda lainnya lagi adalah pembengkakan jari dan tangan yang tidak biasa di pagi atau malam hari. Pembengkakan ini juga bisa mengindikasikan masalah jantung yang memerlukan perhatian medis segera.

Perubahan Warna Kulit

Perubahan warna kulit yang tidak terduga pada tangan dan jari, seperti kebiruan atau pucat, adalah salah satu tanda seseorang mengalami masalah kolesterol tinggi, yang menyebabkan sirkulasi darah buruk.

Kesemutan Berlarut

Mati rasa atau kesemutan yang terus-menerus di jari dan tangan, terutama jika disertai dengan ketidaknyamanan di dada, sesak napas, atau pusing, bisa menjadi sinyal serangan jantung yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. (KRO/RD/MRD)