Ketua DPW IWOI Sumut Bentuk Tim Seleksi Penerimaan Anggota Koperasi

58

RADARINDO.co.id – Medan : Ketua DPW Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWOI) Sumatera Utara, Ratno SH, MM membentuk tim seleksi penerimaan anggota koperasi. Hal ini dilakukan untuk menjadi kan organisasi koperasi yang telah didirikan ini profesional dan bermartabat.

“Sebanyak 77 orang yang mengikuti penyuluhan tentu ada yang minat ikut bergabung di koperasi IWOI Sumut karena tidak semua wartawan, bersifat umum atau bebas dari kalangan mana saja. Namun tentu ada beberapa kriteria dan persyaratan,” ujar Ketua DPW IWOI Sumut, di sela-sela penyuluhan pembentukan Koperasi di Hotel Griya Riatur Medan, Sabtu 26 Agustus 2023 sekira pkl 16.00 Wib.

Baca juga : Anggota Koperasi IWOI Sumut Akan Dibekali Asuransi Kecelakaan Diri


Para gagasan Koperasi IWOI Sumut diantaranya Tan David Sulaiman SH, Ratno SH, MM, Drs Bahrumsyah MM, Dedy Rinaldi, Hariaty Panggabean, Yudha, Ahai Winardi, Marry, Manahan Sitanggang, Sunaryo, Sehat Sembiring, optimis koperasi IWOI Sumut dapat menjadi spirit baru bagian dunia UMKM dan Entrepreneur baru.

Menjadi edukasi dan motivasi bagi semua anggota koperasi. Baik sektor simpan pinjam, produsen, pemasaran, konsumen, dan jasa, serta biasa membuka lapangan pekerjaan.

Tim seleksi penerimaan anggota koperasi terdiri dari Dedy Rinaldi sebagai ketua. Sehat Sembiring sebagai Sekretaris, Drh Djodi, Yudha, Hariaty Panggabean, Manahan Sitanggang, Riko (anggota).

“Diperkirakan sebanyak 13.000 an koperasi yang sudah berbadan hukum di Sumatera Utara, namun terdapat sekitar 4000 an koperasi yang sudah mati suri. Artinya apa, koperasi kita dirikan ini jangan ikut abal-abal apalagi sampai mati suri”, ujar Ratno SH, MM yang juga Pemimpin Redaksi KORAN RADAR GROUP.

Jangan sampai ada istilah pembukaan koperasi sekaligus penutupan koperasi karena karena ikut mati suri. Artinya, koperasi yang kita dirikan ini harus kita jalankan secara bersama -sama dengan anggota secara jelas dan transparan, ujarnya.

Karena setiap anggota koperasi akan dikenakan iuran wajib sebagai simpan wajib. Tidak hanya itu, setiap anggota koperasi akan menjadi pemenang polis jaminan keselamatan yakni Asuransi Kecelakaan Diri atau AKD.

“Sehingga langkah antisipasi harus dilakukan jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti insiden ataupun meninggal dunia maka pemegang Polis bisa mendapatkan santunan”, tegas.

Ketua Dewan Pembina dan Penasehat DPW IWOI Sumut, Tan David Sulaiman SH dan Drs Bahrumsyah MM memberi atensi terbentuk koperasi di sektor riil. Sehingga kedepan bisa membuka lapangan kerja melalui UMKM yang dapat dijadikan Entrepreneur baru.

Ditempat yang sama, Ketua DPW IWOI Sumut, Ratno SH, MM menyerahkan sertifikat penghargaan Kepada Dinas Koperasi dan UMKM provinsi Sumatera Utara sebagai wujud dan terimakasih telah bersedia memberikan penyuluhan bagi calon anggota koperasi IWOI Sumut.

Baca juga : Koperasi IWOI Sumut di Sektor Riil Harus Bisa Membuka Lapangan Kerja

Kepala Dinas Koperasi UMKM provinsi Sumatera Utara yang diwakili Kasi Puguh Irfan Pamularsih Sukmo Utomo SP, M.SI, didampingi Jusup Pardosi SE dan John Freddy Lumban Raja, SE, mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPW IWOI Sumut khususnya dan seluruh anggota IWOI Sumut pada umumnya.

“Harapan kami koperasi yang terbentuk ini dapat memberi manfaat bagi semua anggota. Secara teknis kami telah menyampaikan bagaimana SOP mendirikan koperasi. Maju dan mundurnya organisasi tentu pengurus inti dan anggota yang dapat memprediksi,” ujar Kasi penyuluhan. Semoga‚Ķ. (KRO/RD/TIM)