Ketua PWOIN Sumut Rajendra Sitepu Ajak Media Sebagai Motor Cerdaskan Anak Bangsa

222
Ketua PWOIN Sumut Rajendra Sitepu Ajak Media Sebagai Motor Cerdaskan Anak Bangsa
Ketua PWOIN Sumut Rajendra Sitepu Ajak Media Sebagai Motor Cerdaskan Anak Bangsa

RADARINDO.co.id – Medan : Ketua Perhimpunan Wartawan Online Independent Nusantara (PWOIN) Sumatera Utara, Rajendra Sitepu mengingatkan sekaligus mengajak rekan pekerja pers khususnya media online agar menjadikan sebagai motor penggerak informasi untuk mencerdaskan anak bangsa.

Baca juga : Tiga Tahun Laporan Dugaan Malpraktek RS MT di Poldasu Tak Tuntas

Terkhusus bagi kader jurnalis atau yang tergabung di wadah PWOIN. Banyak informasi positif yang perlu di sampaikan kepada publik yang memiliki education atau mendidik.

Diantaranya tentang bahaya narkoba, korupsi maupun pengerusakan lingkungan hidup pada sumber daya alam. Bahwa disitu ada potensi ancaman bahaya besar.

Pers harus berani dan tegas menyampaikan kebenaran. Jika kita bungkam, maka fungsi dan peran pers itu bisa dikatakan “mandul”.

Kita juga harus memikirkan bagaimana nasib anak cucu dan generasi muda kita mendatang, agar berkualitas dan berkuantitas.

Artinya, media harus berani dan bisa membentuk Ahlak melalui berita – berita yang positif dan membangun generasi yang hebat dan cerdas.

Demikian dikatakan Ketua DPW PWOIN Sumatera Utara, pada saat membuka rapat perdana pengurus PWOIN di sekretariat Jln Elang No. 2 Medan Sunggal, Selasa (03/08/2021) sore.

Sebagai pekerja pers, lanjutnya lagi, informasi itu mahal sehingga perlu kita jaga martab sebagai wartawan dalam mencari berita.

“Sejak dahulu saya tidak suka mendengar ada oknum wartawan yang abal-abal. Tapi saya paling tidak suka jika ada oknum yang mengancam apalagi menciderai wartawan karena pemberitaan. Kalau tak cocok sampaikan aja Hak Jawab atau Hak Koreksi. Karena itu perintah undang undang nomor 40 tahun 1999”, ujar Rajendra Sitepu didampingi Sekretaris PWOIN Sumut Horas Sianturi SH, MH.

Hal yang sama dijelaskan Horas Sianturi, PWOIN Sumut siap menjadi mitra pemerintah dan masyarakat, khususnya dalam menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk menambah wawasan.

Lebihlanjut dikatakanya, pengurus PWOIN Sumut akan terus melakukan kordinasi kepada calon pengurus PWOIN di Kabupaten/ Kota Se – Sumatera Utara.

“Saat ini ada beberapa calon pengurus daerah yang sudah berminat menjadi pengurus. Kami mau pengurus daerah itu bersedia dan sanggup melengkapi persyaratan. Salah satunya harus memiliki sekretariat yang jelas”, ujar Horas Sianturi SH, MH didampingi Ketua PWOIN Sumut Rajendra Sitepu, dan pengurus inti lainya diantara Hendra Idris dan Ratno SH, MM.

Sebelum rapat perdana ditutup, Ketua PWOIN Sumut Rajendra Sitepu mengatakan akan melakukan pelantikan pengurus yang secepatnya. Kalau bulan depan, jangan lama lama, ujarnya.

“Saya sangat berharap, kepada panitia pelantikan yang telah kita sepakati tadi nama namanya agar bekerja semaksimal mungkin. Gak usah khawatir akan saya fasilitasi”, ujar Rajendra Sitepu yang dikenal sebagai tokoh pemuda yang santun dan dermawan ini.

Ditempat yang berbeda, Pemimpin Umum KORAN RADAR GROUP, Chandra Lingga dan Sehat Sembiring ST sebagai Pemimpin Perusahaan, menyambut baik rapat perdana PWOIN Sumut.

Baca juga : Pemko Medan dan Kejari Belawan Lakukan MoU

“Kita harapan kehadira PWOIN dapat menjadi terobosan baru, dan memberi warna yang positif bagi lembaga pers dan masa depan wartawan yang profesionsl,” ujar Chandra Lingga bersama Sehat Sembiring kepada RADARINDO.co.id.

Rapat perdana ini selain dihadiri Rajendra Sitepu (Ketua PWOIN Sumut) juga hadir Horas Sianturi SH, MH dari Sumutpos.id, Ratno SH, MM Pemimpin Redaksi RADARINDO.co.id GROUP KORAN RADAR.

Hendra Idris SIP yang juga Ketua OKK selaku Pemimpin Redaksi Sumutpos.id. Netty Herawati, SE (Sumut Pos), Kabid Diklat/Litbang Baringin Pulungan SS (MPOL), Hendra Wijaya Kabid Multimedia dari Sumutpos.id.(KRO/RD/Tim)