Ketua Umum FKPPN Soroti Pembayaran Hak Normatif Mantan Karyawan PTPN II

142 views
Ketua Umum FKPPN Soroti Pembayaran Hak Normatif Mantan Karyawan PTPN II
Ketua Umum FKPPN Soroti Pembayaran Hak Normatif Mantan Karyawan PTPN II

RADARINDO.co.id-Medan : Ketua Umum FKPPN Soroti Pembayaran Hak Normatif Mantan Karyawan PTPN II. Ketua Umum DPN FKPPN, HN Serta Ginting menyoroti kinerja manajemen PTPN II Tj Morawa, atas permasalahan Hak Normatif yang sampai saat ini belum selesai pembayaran kepada para pensiunan PTPN II.

Mantan anggota DPR RI ini juga mengaku heran, ada apa di tubuh manajemen PTPN II. Bukan kah gaji setiap karyawan sudah di potong setiap bulan selama puluhan tahun.

Namun ketika hak mereka sudah jatuh tempo malah perusahaan menunjukan kesombongan dan ingkar janji.

“Perlu diingat bahwa uang SHT dan BPJS Ketenagakerjaan merupakan hasil jerih payah selama bekerja bertahun tahun di BUMN. Tapi ketika hak mereka ditagih malah kekecewaan yang di dapat. Direktur PTPN II harus bertanggung jawab, kemana uang itu”, ujar Ketua Umum FKPPN dengan nada tegas, Jumat (09/04/2021) siang.


Baca juga : Kadisdik Batu Bara : Satu Aplikasi Bisa Membantu Banyak Keperluan Sekolah

Anehnya, ujar mantan Ketua SPBUN PTPN III dan Ketua Federasi SPBUN se Indonesia, Direktur PTPN II dan Komisaris malah tenang tenang aja bah, seolah olah tak berdosa, ujarnya kepada RADARINDO.co.id GROUP KORAN RADAR.

Ketika ditanya apa sikap FKPPN, ia mengatakan tidak akan membiarkan nasib mantan karyawan PTPN I sampai XIV dijadikan korban kebijakan.

“Saya berjanji, DPN FKPPN akan membuat pengaduan ke RI 1. Kejagung, Kapolri dan KPK termasuk kepada DPR RI. Ini harus kita bongkar. Dimana borok borok ini menempel,” katanya dengan nada serius.

Sementara itu, hak normatif yang disampaikan mantan karyawan PTPN II yang belum selesai dibayar adalah:
1. SHT (Santunan Hari Tua yang belum diselesaikan pembayarannya sejak tahun 2000-2019 dengan jumlah pensiun 17.179 org atau total nilainya Rp798.207.324.677.

Ketua Umum FKPPN Soroti Pembayaran Hak Normatif Mantan Karyawan PTPN II
Ketua Umum FKPPN Soroti Pembayaran Hak Normatif Mantan Karyawan PTPN II

2. Medali Jubelium (25 thn masa kerja) dalam bentuk emas 10 gram, yg belum diterima karyawan & pensiun sejumlah lebih kurang 1600 org.

3. Gaji pensiun yang masih diperhitungkan PhDP (Perhitungan Dasar Pensiun) thn 2002. Salah satu contoh adalah gaji pensiun tahun 2020 gaji pensiunnya masih diperhitungkan gaji pokok tahun 2002.

Lihat juga : Oknum Maritim Berbendera Malaysia Gertak Nelayan Tradisional Belawan

4. Hak Catu Beras untuk pensiunan Karpel yang dihapus dari tahun 2008.

5.Uang BPJS Ketenagakerjaan yang diterima pensiun tidak sesuai dengan tahun kerjanya. Sementara setiap bulannya gaji karyawan dipotong.

6.Pensiunan masih ada yang menerima uang pensiun setiap bulannya dibawah Rp100.000.

Terkait keluhan mantan karyawan PTPN II yang disampaikan kepada DPN FKPPN, Direktur PTPN II maupun Komisaris belum dapat dimintai tanggapan. (KRO/RD/Buah Kurma)