Ketua Umum IWO Indonesia Apresiasi Lomba Karya Tulis Ilmiah di Medan

68

RADARINDO.co.id-Medan: Ketua Umum DPP IWO Indonesia, Icang Rahardian SH, MH memberi apresiasi lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat mahasiswa/mahasiswi di perguruan di Medan, yang diselenggarakan DPW IWOI Sumatera Utara.

Lomba Karya Tulis Ilmiah ini menyambut pesta demokrasi pertengahan Februari 2024 mendatang. Ini tentu memberi edukasi bagi masyarakat luas.

Baca juga : DPW IWO Indonesia Provinsi Sumut Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah


“Lomba Karya Tulis Ilmiah dengan judul Pemilu Damai Indonesia Ku, kita harapkan dapat mencerdaskan masyarakat pada pemilu damai tahun 2024 yang merupakan cita-cita seluruh rakyat Indonesia”, ujar Ketua Umum IWOI, kepada Ketua IWOI Sumut usai melaporkan kegiatan organisasi kepada orang nomor satu di DPP IWOI.

Sebelumnya, Ketua DPW IWOI Sumut mengatakan untuk mewujudkan NKRI kearah yang lebih baik dengan iklim perpolitikan yang kondusif yang berdampak pada kebijakan politik yang menarik minat investor asing untuk berinvestasi sehingga terciptanya peluang kerja dan alih ilmu teknologi kepada anak bangsa.

Selain itu iklim politik yang kondusif memungkinkan investor dalam negeri tidak merasa khawatir bila mengembangkan usahanya.

Ikatan Wartawan Online Indonesia (DPW IWOI) Sumatera Utara mendukung terlaksananya proses pesta demokrasi dengan langsung, umum bebas dan rahasia (Luber) pada Pemilu damai 2024.

Pesan moril melalui tulisan yang disampaikan oleh mahasiswa lewat lomba karya tulis ilmiah ini agar senantiasa menjaga keberagamaan bangsa ini, peradaban dan budaya leluhur nenek moyang kita yang telah dipupuk dalam kebhinekaan yang sudah lama terbangun. Sehingga perlu kita jaga bersama.

Lewat karya tulis ini diharapkan mahasiswa memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar tentang perlunya etika dalam berpolitik. Cara cerdas dan dewasa dalam mendukung Sang Kontestan dengan cara yang bijaksana.

“Lomba Karya Tulis Ilmiah agar dapat memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga tidak terperosok kepada sikap membabi-buta”, ujar Ketua DPW IWOI Sumut, Ratno SH, MM didampingi Wakil Ketua Sehat Sembiring, Wakil Sekretaris H. Sempurna Wirawan, S.Sos dan Bendahara Hariyati Panggabean. Serta sejumlah pengurus lainnya diantaranya Budi, Robin Silalahi, Kamis (23/11/2023) sore.

Baca juga : Eks Rektor UIN Riau Kembali Terjerat Kasus Korupsi Rp7,6 Miliar

Lebih Lanjut dijelaskan Ratno, SH,MM sebagai Ketua Panitia Lomba Karya Tulis Ilmiah kepada media, didampingi sekretaris panitia Budi Sudatman SE dan Robin Silalahi sebagai Bendahara.

“Media agar menjaga Pemilu tahun 2024 damai, aman, sejuk dan bermartabat demi persatuan dan kesatuan serta keutuhan di bumi NKRI,” ujar Ketua IWOI Sumatera Utara.

Media harus berkomitmen untuk menghindari publikasi berita yang bersifat bohong, tendensius, menyesatkan atau bersifat sensasional, atau berita hoaks.

Oleh karena itu, Lomba Karya Tulis Ilmiah dengan judul “Pemilu Damai Indonesia Ku” ini nantinya dapat memberi edukasi khususnya bagi kalangan mahasiswa khususnya dan masyarakat Indonesia khususnya.

Tulisan para peserta nantinya akan diterbitkan di media yang tergabung di DPW IWOI Sumut. Peran media sangat penting dalam menentukan kesuksesan pesta demokrasi tersebut. Karena masyarakat harus ikut serta melakukan pencegahan kerawanan menjelang Pemilu 2024.

“Media dan pers harus menjadi contoh dan menjadi penentu tata kelola pemerintahan kita. Menjunjung tinggi demokrasi itu adalah tanggung jawab pers”, ujar Ratno SH.,MM.

Pers menjadi penentu sistem demokrasi Indonesia. Karena itu, lanjutnya, pers memiliki pengaruh menjadikan masyarakat sebagai berperan aktif, memberikan informasi akurat, memberikan hiburan tata kelola pemilu, menjadi kontrol, mengelola daya pikir masyarakat, dan menjaga keberagaman yang ada di Indonesia.

Adapun kriteria depan persyaratan lomba karya tulis ilmiah sebagai berikut: Karya tulis harus asli dan bukan plagiat. Belum pernah memenangkan dan belum pernah diikutsertakan dalam karya tulis lain.

Peserta lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat mahasiswa/mahasiswi yang aktif di perguruan tinggi di Sumatera Utara, dan untuk pemenang juara I, II dan III mendapat hadiah uang tunai, Plakat dan Piagam dari Dewan Pembina DPW IWOI Sumut, Guntur Syahputra yang juga Dewan Pembina KORAN RADAR GROUP.

Pendaftaran dapat disampaikan melalui Email Panitia: iwoindonesia@gmail.com dan untuk informasi lebihlanjut dapat menghubungi CP: 0821- 8220 -1643. Pendaftaran dimulai 24 November sampai 5 Desember 2023 dan selanjutnya pengumuman pemenang disampaikan pada tanggal 8 Januari 2024.(KRO/RD/TIM)