Konsumsi Makanan Ini Dipercaya Bisa Turunkan Risiko Diabetes

21

RADARINDO.co.id : Hingga kini, diabetes masih menjadi salah satu penyakit yang cukup populer. Betapa tidak, penyakit yang akrab “disapa” penyakit gula itu, sangat sulit untuk disembuhkan.

Tak ada obat ajaib yang bisa menyembuhkan diabetes. Sekali terkena diabetes, orang hanya bisa mengontrol kadar gula darahnya agar tetap stabil. Namun, diabetes bisa dicegah dengan penerapan gaya hidup sehat berikut pola makan dengan gizi seimbang. Melansir cnnindonesia, berikut beberapa makanan yang dipercaya bisa menurunkan risiko diabetes.

Baca juga : Ini Manfaat Minum Teh Tanpa Gula Bagi Kesehatan

Kacang-kacangan

Semakin banyak mengonsumsi karbohidrat olahan, gula darah cenderung tidak stabil. Untuk menekan keinginan makan karbohidrat olahan di sore hari, sebaiknya ganti dengan camilan tinggi protein dan lemak seperti kacang-kacangan. Pasalnya, kacang-kacangan akan membantu merasa kenyang hingga tiba waktu makan malam.

Ikan berlemak

Lemak, khususnya asam lemak omega 3, bisa mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung. Selain itu, ikan berlemak juga bisa mencegah diabetes. Sebuah studi menunjukkan, konsumsi ikan berlemak setidaknya dua sajian ikan per minggu bisa menurunkan risiko diabetes hingga 22 persen.

Baca juga : Jangan Sepele, Alergi Ternyata Bisa Sebabkan Kematian

Sayuran hijau

Sebaiknya, mulai saat ini masukkan sayuran hijau ke dalam diet harian Anda. Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam mengandung vitamin, mineral, protein, serat, dan antioksidan. Studi menunjukkan, sayuran hijau dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Alpukat

Alpukat dikenal sebagai sumber lemak sehat yang baik. Buah ini bahkan kaya akan serat. Konsumsi alpukat setelah makan besar bisa membantu menstabilkan lonjakan gula darah. Kandungan magnesium pada alpukat juga membantu mengatur gula darah. Tak heran alpukat jadi makanan untuk menurunkan risiko diabetes. (KRO/RD/CNN)