Kunyah Cengkeh Dipercaya Mampu Obati Asam Lambung Tinggi

18

RADARINDO.co.id : Asam lambung tinggi adalah suatu kondisi yang membuat penderitanya merasa mual dan begah karena produksi asam lambung meningkat. Asam lambung bisa diobati dengan bahan herbal alami seperti cengkeh.

Baca juga : Ini Cara Terbaik Atasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Meningkatnya produksi asam lambung biasanya terjadi karena sejumlah faktor. Mulai dari konsumsi makanan pedas berlebihan, kebiasaan makan tidak teratur, stres, hingga konsumsi alkohol.

Kondisi asam lambung tinggi sering kali ditandai dengan gangguan pencernaan, sensasi terbakar diatas perut, tenggorokan, gangguan pencernaan, rasa asam di mulut, gelisah, dan sembelit.

Sebelum memutuskan berobat ke dokter, Anda bisa mengobati asam lambung dengan cengkeh. Menurut Shilpa Arora, ahli gizi makrobiotik dan pelatih kesehatan, cengkeh meningkatkan pencernaan dan asimilasi nutrisi yang baik.

Melansir cnnindonesia.com, cengkeh yang ditambahkan ke dalam kari dan makanan bisa membantu mencegah asam lambung. Campuran cengkeh dan kapulaga dalam jumlah yang sama bisa mencegah asam lambung.

Baca juga : Ini Penyebab Puting Payudara Terasa Sakit

Cengkeh juga meningkatkan produksi air liur, membantu pencernaan, dan mengurangi gerak peristaltik (kontraksi otot pada saluran pencernaan). Mengunyah cengkeh direkomendasikan sebagai siddha atau obat ayurveda untuk sakit maag.

Mengunyah cengkeh memiliki efek basa dan karminatif pada lambung dan saluran pencernaan, yang mencegah pembentukan gas. Cengkeh juga bermanfaat mencegah perut kembung. Cara mengonsumsi cengkeh untuk mengobati asam lambung cukup mudah. Kunyah dua hingga tiga siung agar cengkeh hingga cairannya keluar dan memberikan kelegaan instan pada asam lambung. (KRO/RD/CNN)