Makan Bawang Putih Mentah Dapat Sembuhkan Sakit Cegah Beragam Virus Jahat

78 views

RADARINDO.co.id-Medan: Semua orang pasti kenal bawang putih, khususnya mereka kaum wanita yang gemar memasak. Bawang putih digunakan untuk menambah rasa masakan bertambah nikmat.

Bawang putih juga telah digunakan sebagai obat melalui sejarah kuno dan modern. Siung bawang putih apabila dimakan pagi hari dalam perut kosing dapat memerangi masalah kesehatan.

Tidak sedikit masyarakat percaya bawang putih mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satunya yang paling populer adalah manfaatnya untuk meringankan sakit jantung dan diabetes.

Menurut pakar Farmakologi dr. Rika Yuliwulandari, M.Hlt.Sc, PhD, Dipl.DK mengatakan bahwa bawang putih termasuk bawang tunggal memiliki banyak khasiat. Beberapa penelitian membuktikan manfaatnya.


Bawang putih tunggal biasa dimasak dan dikonsumsi. Aromanya lebih kuat dan rasanya juga lebih kuat. Namun banyak juga yang takut untuk mengonsumsinya karena banyak mitos negatif yang beredar, dapat membuat badan bau apabila berkeringat.

“Fakta. Memang di dunia medis kalau bicara khasiat obat, kita harus mengacu pada sejumlah penelitian. Berdasarkan Pub Med jurnal penelitian terpercaya, banyak penelitian yang menyebutkan kaitan bawang putih dengan kanker. Terutama pada kanker, payudara, tenggorokan, dan kanker kepala,” ujarnya.

Kalau untuk dosis sebagai obat memang sulit ditentukan. Namun menurut World Health Organization (WHO), perhari maksimal 2-3 gram. Sedangkan High dose 5-8 gram untuk yang bentuk ekstrak. Perlu klinikal trial.

Berdasarkan penelitian, bawang putih mampu mempercepat turunnya gejala flu, melegakan saluran napas dan mengencerkan lendir. Meski tak punya potensi untuk mengatasi virus, tapi ada efek anti-inflamasi yang baik untuk flu dan radang.

Beberapa penelitian yang dipublikasikan di jurnal-jurnal bereputasi baik. Namun sejauh ini penelitian hanya dilakukan pada tikus. Pada tikus yang diberikan ekstrak bawang tunggal terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat.

Konsumsi bawang memang ada positif dan negatifnya. Yang negatif itu bisa bau mulut. Belum lagi bisa terserap dalam kulit dan sebabkan bau badan. Tapi uniknya, ada penelitian terbaru yang menyebut bahwa justru bau badan karena konsumsi bawang bisa menarik lawan jenis.

Kemudian keringat mereka diseka dengan kapas. Saat diendus oleh wanita 70 persen wanita lebih menyukai keringat pria yang konsumsi bawang. Penelitian itu juga menyebut bahwa bawang putih punya senyawa yang bisa tingkatkan libido atau gairah seksual.

Para herbalis berpendapat kalau bawang putih dikonsumsi penderita maag dalam perut kosong itu bisa fatal. Berdasarkan penelitian ternyata sama. Bawang putih sifatnya keras, jadi berbahaya bagi penderita maag dan tukak lambung. Konsumsi dengan perut kosong bisa timbulkan mual, dan muntah.

Tidak sedikit orang mengakui, konsumsi bawang putih pada saat perut kosong dan minum air hangat pagi hari dapat menyembuhkan beragam penyakit.

Virus jahat dalam tubuh seseorang akan rontok, termasuk menurunkan kolestrol. Namun, tidak dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil. “Wanita sedang hamil dianjurkan makan secukupnya saja, agar tidak mengganggu janin”, ujarnya menambahkan.

Fakta lain yang dialami serorang pria asal Surabaya, Ayong, 60 tahun. Ia mengaku sempat opname di rumah sakit yang konon katanya terkena virus corona.

Meski sudah 14 hari di isolasi, namun pria berkulit putih berkaca mata ini beluk sembuh bahkan batuk, sesak nafas makin kencang dan selerah makan juga berkurang.

Ayong mencoba makan satu siung bawang putih mentah usai bangun tidur. Hal ini sesuai anjuran temanya dari Medan. Selama 3 hari ia makan, bahkan makan siang dan makan malam selalu makan bawang putih mentah dijadikan lalap.

Tiga hari setelah Ayong coba makan bawang putih, keajaiban itu datang. Batuknya redah, ia tidak sesak nafas bahkan selerah makan kuat. Badanya pun sehat.

“Selama tiga hari saya makan bawang putih, kondisi badan saya sehat. Dan saya sembuh dari covid 19. Saya ingin berbagi tips kesehatan, agar siapa saja yang sudah berusia 45 tahun keatas, jangan lupa konsumsi bawang putih. Nanti kalian tahu sendiri khasiatnya”, ujar Ayong yang diunggah di canel youtube baru baru ini.

Hal yang sama juga diakui, Malik Dalimunthe asal Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara.

“Saya sudah mencoba makan bawang putih sejak umur 40 tahun ketika saya kena sakit gula. Alhamdulillah saya sehat bukan karena bawang putih, tapi karena izin Allah SWT bawang putih sembuhkan saya,” katanya dengan nada santun. (KRO/RD/VIVA/Iwan)