Managemen PTPN 4 Regional I Kebun Dusun Hulu Tanam Bibit Pohon

23

RADARINDO.co.id – Simalungun : Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Managemen PTPN 4 Regional I Kebun Dusun Hulu Kecamatan Ujung Padang, Kabupaten Simalungun, melaksanakan penanaman bibit pohon di halaman kantor Kebun Dusun Hulu, Rabu (05/06/2024).

Baca juga : Angkringan Kesawan Nusa Dua Tawarkan Berbagai Hidangan Lezat dan Terjangkau

Bersamaan kegiatan menanam bibit pohon, Manager Kebun Dusun Hulu, Eko Susanto SP juga membagikan bibit pohon durian, mangga, kelengkeng, alpukat dan rambutan kepada masyarakat di tiga desa sekitar kebun, yaitu Desa/Nagori Adil Makmur, Nagori Banjar Hulu dan Desa Perkebunan Limau Manis.

Turut hadir, Asisten Kepala Kebun Dusun Hulu Agus Efendi Parapat, APK Dusun Hulu Alia Naomi Parapat, para Asisten Afdeling, SPBUN Juni Anwar SP, Kepala Desa Adil Makmur Abdul Muin Purba, Kades Banjar Hulu Kardianto, dan Kades Perkebunan Limau Manis, Lisa.

Pelaksanaan kegiatan diawali pembukaan dan pembacaan tertib acara oleh protokol Alia Naomi Parapat, dilanjutkan pembacaan doa oleh Suji Permana.

Manager Kebun Dusun Hulu, Eko Susanto SP dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan penanaman bibit pohon tersebut sengaja dilaksanakan pada 5 Juni 2024 bersamaan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Baca juga : PTPN IV PalmCo Regional 1 Latih  30 Mitra Binaan

“Kita sengaja melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon pada hari ini, karena untuk memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada hari ini. Kita juga sengaja manam bibit pohon yang bisa berbuah untuk di tanam, karena buah dari bibit pohon yang ditanam memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi,” ungkap Eko Susanto, SP.

Menurut Eko Susanto, selain bernilai ekonomis dari buah yang dihasilkan kelak, juga berdampak positif terhadap lingkungan, peningkatan kualitas udara, penyediaan oksigen, dan pengurangan kerusakan lingkungan karena lahan kosong yang terbengkalai.

“Kebun Dusun Hulu juga akan membagikan masing – masing 50 batang bibit pohon kepada masyarakat di Desa Adil Makmur, Banjar Hulu dan Desa Perkebunan Limau Manis. Dengan adanya bibit pohon yang buahnya bernilai ekonomi tinggi ini, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan keterampilannya mengelola kebun yang menghasilkan buah berkualitas,” harapnya.

Sedangkan Kepala Desa Adil Makmur, Abdul Muin Purba, mewakili para kades, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Managemen Kebun Dusun Hulu yang telah memberikan perhatian dan bantuan lainnya kepada masyarakat sekitar kebun. (KRO/RD/DHASAM)