RADARINDO.co.id-Medan : Mau Urus Perpanjangan SIM Melalui Smarphone Begini Pesan Dirlantas Polda Sumut.
Bagi anda yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi atau SIM mau pun perpanjangan, melalui Smartphone, Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Valentino menghimbau warga dengan cara praktis.
Direktur Lalulintas Polda Sumut Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda mengajak Masyarakat, bahwa pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) kini sudah bisa dilakukan melalui Telepon Genggam (Smartphone).
“Ya, saat ini sudah dapat daftar Online untuk pembuatan SIM baru, maupun perpanjangan. Pembuatan SIM Baru ini sudah ada berjalan di Polrestabes Medan. Besok baru akan dilaunching secara Nasional,” ucap Valentino, Senin (12/4).
Baca juga : Gubsu Diminta Klarifikasi Status Lokasi Perumahan Karyawan dan Lahan Eks HGU PTPN II
Layanan Pembuatan SIM C dan SIM A melalui Smartphone itu, ujar Valentino, Masyarakat hanya perlu mengunduh aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi), dan bisa digunakan mulai 12 April 2021.
“Dengan demikian pemohon tidak perlu lagi repot datang ke tempat lokasi pembuatan SIM, dan juga mengantre untuk proses pembuatan SIM seperti yang sebelumnya,” imbuh Valentino.
Valentino mengatakan, Segala Proses Pengujian, seperti Ujian Teori untuk mendapatkan SIM juga dilakukan secara Online, dan Transparan yang terdapat dalam Aplikasi Sinar tersebut.
“Tidak hanya Pengujian Teori, terdapat Uji Psikologis yang menggunakan Aplikasi E-PPsi, serta Pelayanan Kesehatan melalui Aplikasi E-Rikkes,” ujarnya.
Sementara itu, untuk mereka yang mengajukan pembuatan SIM Baru, harus tetap datang ke Satpas untuk melakukan praktik secara langsung di tempat pembuatan SIM, meski harus terlebih dahulu melaksanakan Uji Teori yang terdapat pada Aplikasi Sinar.
“Pembayaran juga dilakukan secara Cashless, alias Pemohon akan diminta untuk melakukan pembayaran melalui Bank BRI, baik dengan cara transfer maupun datang langsung ke Bank,” paparnya.
Berikut langkah-langkah yang harus diikuti saat melakukan pembuatan SIM secara Online:
Lihat juga : Ketua MPW PP Sumut Kunjungi Kediaman H.Edimin
1. Download Aplikasi
2. Verifikasi No. HP (OTP)
3. Registrasi (NIK, SIM, Foto KTP, SIM dan Selfie)
4. Verifikasi NIK dan SIM
5. Pilih jenis SIM dan lokasi Satpas
6. Verifikasi hasil Pemeriksaan Kesehatan, dan Psikologi
7. Isi Rekening Pengembalian (pembatalan)
8. Pilih Metode Pengiriman
9. Upload Pas Foto dan Tanda Tangan
10. Pembayaran PNBP dan Biaya Kirim
11. Cetak SIM
12. Pengiriman
13. SIM Diterima
Hal ini disampaikan himbauan bagi warga agar mengetahui cara mengurus dan memperpanjang SIM saat Launching kepada wartawan.
(KRO/RD/Angga )