Mediasi, Cara Ampuh AKP M Panggabean Selesaikan Masalah TPU

130 views

RADARINDO.co.id-Psp: Tidak semua kasus atau permasalahan yang ada di masyarakat harus selesai di meja hijau. Bila permasalahan tersebut bisa diselesaikan secara humanis dan kekeluargaan, maka hal tersebut lebih baik.

Seperti yang dilakukan oleh Kapolsek Hutaimbaru, AKP M Panggabean, sukses memediasi permasalahan pemagaran di Tempat Pemakaman Umum (TPU), Lingkungan IV, Huta Godang Julu, Kota Padang Sidempuan, Senin (23/5/2022) siang.

Baca juga : Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Kapolres Padang Sidempuan, AKBP Dwi Prasetyo Wibowo, SIK, melalui Kapolsek Hutaimbaru, AKP M Panggabean, setelah mediasi menerangkan, permasalahan itu berawal saat masyarakat hendak lakukan pemagaran di TPU Huta Godang Julu.


Sementara, lanjut Kapolsek, di lokasi TPU itu telah berdiri rumah dan bangunan milik Sarifuddin Harahap. Sehingga, Warga merasa keberatan, lantaran warung milik Sarifuddin berada di TPU tersebut, hendak dipagar oleh warga.

“Oleh karena itu, kami mengundang kedua belah pihak guna mencari solusi damai terkait permasalahan tersebut,” jelas Kapolsek.

Sebelumnya, kata Kapolsek, permasalahan ini sudah berlangsung selama 6 bulan dan belum ada titik temunya. Bahkan, sebanyak 300 orang masyarakat datang ke Kantor Camat guna menyampaikan aspirasinya, pada Kamis (24/3/2022) lalu.

Dari hasil penyampaian aspirasi tersebut, alhasil dibuat kesepakatan dengan Tokoh Adat (Hatobangon) setempat. Di mana, menurut salah seorang warga bernama M Halilintar Harahap, dirinya membenarkan bahwa, bangunan milik Sarifuddin Harahap berada adalah tanah TPU yang sudah seharusnya dikembalikan sebagaimana fungsinya sebagai pemakaman.

“Pernyataan M Halilintar Harahap itu, juga dikuatkan oleh pembenaran warga lain bernama Harun Harahap, yang menyatakan bahwa tanah di TPU tersebut adalah milik masyarakat Lingkungan IV Huta Godang Julu,” imbuh Kapolsek.

Dari hasil mediasi yang dilakukan Polsek Hutaimbaru, akhirnya Sarifuddin Harahap bersedia membongkar bangunan warung yang berada di lokasi TPU. Masyarakat setempat, juga sepakat bahwa bangunan yang menempel dengan rumah Sarifuddin Harahap tidak dibongkar.

Sarifuddin Harahap juga berjanji tidak akan memperluas bangunannya, dan paling lambat pada Senin (30/5/2022) mendatang, ia akan membongkar sendiri bangunan miliknya yang berada di TPU tersebut. Akhirnya, masyarakat bisa melanjutkan pemagaran tersebut dengan aman dan damai.

Baca juga : Seorang Kakek Tewas Terseret Kereta Api Saat Hendak Pergi Sholat

“Kesepakatan damai antara kedua belah pihak, ditandai dengan Sarifuddin Harahap membuat surat pernyataan pembongkaran bangunan dan tidak mengganggu masyarakat untuk melakukan pemagaran di TPU Lingkungan IV Huta Godang Julu,” tandas Kapolsek seraya menyebut saat ini situasi Kamtibmas di lokasi TPU aman dan kondusif.

Turut hadir mendampingi Kapolsek pada mediasi itu di antaranya, Kanit Reskrim Polsek Hutaimbaru Ipda Andika Sembiring, Kanit Intel Polsek Hutaimbaru Aiptu Mopul Harahap, Bhabinkamtibmas Polsek Hutaimbaru Aiptu Erizal, dan personel Polsek Hutaimbaru lainnya.(KRO/RD/AMR)