Mendikbuk-Ristek Kunker di Kabupaten Samosir

24 views
Mendikbuk-Ristek Kunker di Kabupaten Samosir
Mendikbuk-Ristek Kunker di Kabupaten Samosir

RADARINDO.co.id-Samosir: Menteri Pendidikan, Kebudayaan,Riset dan Teknologi (Mendikbuk-Ristek) Nadiem Anwar Makarim melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Samosir dalam rangka kegiatan Festival Musik Teradional Indonesia (FMTI) 2021 yang dipusatkan di SMPN 1 Harian, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir (26/10).

Hadir bersama menteri, antara lain Komisi X DPR RI Sofian Tan, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, Staff Khusus Kementerian Jurist Tan, Direktur Perfiliman, Musik dan Media Ahmad Mehendra, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara.

Baca juga : 41 Pelaku Kejahatan Ditangkap Polda Sumut Ini Yang Dilakukan

Kedatangan Mendikbuk-Ristek disambut langsung oleh Bupati/Wakil Bupati Samosir Vandiko T.Goltom dan Drs. Martua Sitanggang,MM bersama Unsur Forkopimda Kabupaten Samosir.


Kemendikbud-Ristek melalui Dirjen Kebudayaan menyelenggarakan Festival Musik Teradional Indonesia (FMTI) 2021 yang bertujuan untuk memperkuat ekosistem musik tradisi Indonesia dan menghidupkan kecintaan masyarakat luas terhadap jatidiri bangsa.

Perhelatan FMTI difokuskan di lokasi yang menjadi Destinasi Super Prioritas, yaitu Danau Toba, Labuan Bajo dan Tidore, dan Kabupaten Samosir berkesempatan untuk menjadi tuan rumah perhelatan musik tradisi untuk Kawasan Danau Toba.

Mengawali sambutannya, Menteri Nadiem mengakui bahwa dirinya untuk pertama kalinya datang ke Danau Toba, dan merasa takjub dengan keindahan alam Danau Toba dan budaya masyarakatnya.

Beliau juga merasa terhormat atas penyambutan dan penyematan ulos oleh pengetua adat batak.

Menteri memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Maestro dan musisi tradisi Se- Kawasan Danau Toba, dan seluruh pihak yang sudah terlibat dalam pegelaran FMTI.

Melalui FMTI 2021, beliaw berharap musik yang mengalun dari tepi Danau Toba ini dapat dicintai oleh saudara-saudara kita dari seluruh nusantara bahkan sampai ke mansyanegara.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada 3 (tiga) Kepala Unit Teknis ( UPT) Kemendikbud-Ristek Wilayah Aceh dan Sumatera yang sudah preaktif menndukung pemajuan kebudayaan di Kabupaten Samosir.

Baca juga : MPC Pemuda Pancasila Labuhanbatu Peringati HUT Ke 62

Yaitu Kepala Balai pelestarian Nilai Budaya (BPNB) yang telah meluncurkan program stera strategis di Kawasan Danau Toba.

Kepala Balai pelestarian Cagar Budaya (BPCB) yang telah melakukan pemutaran dan revitalisasi situs budaya di Kabupaten Samosir, dan Balai Arkeologi Sumut. (KRO/RD/P.Simbolon)