Meriahkan Hardiknas 2024, Disdik Padangsidimpuan Gelar Berbagai Lomba

8

RADARINDO.co.id-Psp : Guna memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padangsidimpuan menggelar berbagai perlombaan di halaman kantor Dinas Pendidikan, Selasa (28/05/2024).

Baca juga : Kapolda Sumut Tanam Pohon di Mapolres Belawan

Perlombaan yang diselenggarakan adalah bahasa Inggris tingkat SMP, lomba pembacaan UUD 1945 tingkat SMP, lomba penulisan Aksara Batak Angkola tingkat SMP, lomba pantun bahasa Angkola tingkat SD, lomba membaca dongeng bahasa Angkola tingkat SD, lomba kebersihan tingkat SD, lomba kebersihan tingkat SMP, dan lomba mewarnai gambar tingkat TK.

Kegiatan ini adalah untuk memotivasi para siswa guna memeriahkan hari Pendidikan Nasional, meningkatkan kemauan menuntut ilmu setinggi mungkin, mempererat hubungan antara siswa – siswi agar terjalin suatu kebersamaan persaudaraan yang baik, dan menggali potensi serta meningkatkan prestasi siswa.

Acara ini dihadiri Pj. Walikota Padangsidimpuan Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes, Kakan Kemenag, Ketua Dewan Pendidikan, Asisten II Perekonomian & Kesra, Kadis Perhubungan, Kaban Kesbangpol, Kadis PPPA, Plt Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Padangsidimpuan, serta Kepala SD, SMP se-Kota Padangsidimpuan.

Pj. Walikota Padangsidimpuan menyampaikan bahwa komitmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan di Indonesia terus menggeliat melalui langkah-langkah transformative yang holistic.

Dikatakan bahwa dalam era yang Merdeka Belajar, fokus utama pada inovasi kurikulum, pemberdayaan guru, dan integrasi teknologi di ruang kelas menjadi pilar-pilar utama dalam upaya memastikan setiap individu memiliki akses terhadap pendidikan berkualitas.

Baca juga : Kades Manunggal Lakukan Penataan Wilayah

“Paradigma Merdeka belajar, yang menempatkan kebutuhan peserta didik sebagai prioritas, menjadi landasan esensial bagi transformasi Pendidikan. Melalui pendekatan ini, sekolah dan pendidik dapat sepenuhnya menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan dan kemampuan siswa,” ucapnya.

Pj Walikota menambahkan, ketika seseorang merasakan manfaat dari pendidikan yang berfokus pada siswa akan menjadi dorongan kuat untuk mempertahankannya. Menggerakkan transformasi pendidikan Indonesia menuju arah yang lebih baik menjadi prioritas tak hanya bagi pemerintah, namun juga semua pemangku kepentingan.

Dalam hal ini ada 3 faktor kunci yang akan mempengaruhi keberlanjutan Merdeka Belajar di masa yang akan datang. Diantaranya peran penting Guru Penggerak yang telah menjadi agen perubahan dengan memperkenalkan paradigma baru dalam dunia pendidikan serta memberikan dampak positif bagi rekan-rekan guru lainnya.

Di akhir sambutannya, Pj. Walikota Padangsidimpuan menegaskan bahwa di negara berkembang seperti Indonesia, pendidikan harus selalu memberikan prioritas kepada siswa yang tertinggal.

Oleh karena itu diperlukan mandat yang kuat dari pemerintah untuk memprioritaskan kurikulum dan pengajaran yang berfokus pada mereka yang berpotensi paling tertinggal.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padangsidimpuan, Ahmad Rizki Hariri Hasibuan, SSTP, M.SP mengatakan bahwa Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 di Kota Padangsidimpuan diperingati sangat sederhana.

“Meskipun diperingati sangat sederhana ini tidak mengurangi makna dari Peringatan Hari Pendidikan Nasional tersebut. Karena memang hari Pendidikan datang dari hati yang buahnya kita tanam sekarang namun hasilnya akan kita lihat lima sampai sepuluh tahun kedepan,” terangnya. (KRO/RD/thoms)