Mubes DPP MABMI Ke II di Gelar Untuk Mengangkat Harkat Martabat Masyarakat Melayu

37 views
Mubes DPP MABMI Ke II di Gelar Untuk Mengangkat Harkat Martabat Masyarakat Melayu
Mubes DPP MABMI Ke II di Gelar Untuk Mengangkat Harkat Martabat Masyarakat Melayu

RADARINDO.co.id-Medan: Muber DPP MABMI ke II yang dihadiri Dewan Pimpinan Daerah dari 10 Kabupaten Kota, yang diadakan di Grenn Hill Sibolangit, berlangsung sukses.

Salah satunya mengangkat agenda penting untuk mengangkat harkat martabat masyarakat Melayu.

Mubes ke II DPP MABMI merupakan lanjutan Mubeslub ke I Siba Island. Mubes ke II DPP MABMI diadakan di Grenn Hill Sibolangit dimulai, Sabtu tanggal 27 Februari 2021 dengan dihadiri 10 pengurus DPD se Kabupaten/Kota.

Baca Juga : Kena Razia, Waria Buka Bicara Siang Perkasa Malam Jadi Wanita 


Acara dimulai, Sabtu Pukul 09.00 Wib Pagi, panitia OC dipimpin Ketua T. Abd Somad dengan melakukan persiapan pendaftaran peserta Mubes.

Pukul 11.00 Wib dilakukan pemilihan pimpinan rapat dipimpin TIM SC Panitia Pengarah (T.Akhmad Syamrah). Kemudian rapat pembahasan tatib berjalan dengan lancar.

Selanjutnya pukul 14.15 Wib acara Mubes kembali di buka setelah sebelumnya ketua pimpinan sidang Menscor sidangnya dan melanjutkan acara dengan agenda laporan pandangan umum masing –masing pengurus.

Rapat dipimpin Prof H Wan Saifuddin MA, Phd selaku penanggung jawab Mubes Ke II lanjutan dari Mubes ke I Siba Island didampingi Datuk Chairul Dan T. Akhmd Syamrah, SH sebagai panitia pengarah.

Prof. H. Wan Saifuddin, MA, Ph.d memberikan arahan dan masukan atas berbagai macam kendala dalam menghadapi era Globalisasi ditengah tengah wabah Covid 19.

Prof Wan mengatakan, adanya kesalahpahaman pada saat Mubes yang berkahir ke pengadilan, namun kesalahpaham itu dikarenakan tidak mengertinya sebagian masyarakat awam tentang membaca putusan Pengadilan Tinggi.

Karena putusan pengadilan tinggi tidak ada menyebutkan MABMI sebelah menang akan tetapi putusan menyatakan bahwa gugatan penggugat tidak dapat diterima atau NO (Niet Ontvankelijke Verklaard).

“Sehingga perlu diluruskan agar tidak terjadi kesalahpahaman yang mana putusan tersebut menitikberatkan gugatan kurang pihak karena itu pihak yang dimaksud itu adalah Panitia Pengarah (Sc),” ujar Prof Wan Saifuddin.

Karena SS yang nembuat dan mempersiapkan Tatib dengan demikian SC harus diikutkan sebagai tergugat.

Oleh karena itu, ujarnya lagi, disini kita sudah jelas kesalahpahaman itu tidak perlu dibesar besarkan.

“Mari kita jalankan tanggungjawab kita untuk mengangkat harkat martabat masyarakat Melayu melalui lembaga yang kita bentuk ini,” tegas Prof Wan.

Selain itu, Prof Wan mengharapkan kerjasama yang baik guna mendata para Puak Melayu yang jauh tertinggal dalam kehidupan ekonominya. Agar dapat dibantu dalam bentuk pemberian bea siswa. Hal ini adalah tugas kita semua dalam memperhatikan kondisi umat khususnya masyarakat Melayu.

Prof Wan Saifuddin juga menyarankan agar Perubahan PB Ke DPP perlu adanya Persiapan Perubahan AD/ART khususnya lambang dan panji dalam AD/ART.

Sehingga dengan adanya perubahan tersebut maka antara DPP dan PB tidak sama dan jelas telah berbeda. Begitu juga visi dan misi dalam AD/ART tetap dipersiapkan sehingga ada perbedaan yang signifikan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pemberian mandat baru untuk semua Kabupaten Kota yang akan terbentuk sebagai Dewan Pimpinan Daerah (DPD).

Sementara itu, DTM. Friyadi (DPD Tanjung Balai) mengatakab bahwa masa berlakunya Kepengurusan Hasil MUBESLUB SIBA ISLAND telah berkahir dan selanjutnya perlu dilakukan pengurus baru.

Hal yang menarik menurut Dtm Friyadi, kenapa beliau lupa hasil Pilkada sebelumnya. Mohon kami dapat bersikap apriori tentang hal tersebut.

Hal itu kemudian disambut dengan jawaban Prof Wan, bahwa beliau tidak lupa dan tetap konsekwen.

Syofian (DPD Karo) tentang SK yang ditanda tangani PB MABMI Hasil Mubeslub Siba Island untuk jabatan Ketua Harian yang telah habis masa berlakunya.

Menurut kawan kawan adakah perubahan dari PD ke DPD dapat segera terwujud. Hal Ini dijawab Prof Wan Saifuddin, bahwa tadi diatas telah kita bicarakan yakni kita telah sepakat akan melakukan perubahan dari lambang dan panji serta visi dan misi DPP MABMI.

Ibu Salmiah (DPD Sergai) tentang keberadaan PD MABMI Sergai yang tidak dapat mendaftarkan di Kesbangpol karena adanya persamaan dengan PB MABMI lainnya.

Oleh sebab itu keberadaan PB MABMI hendaknya dapat dilakukan perubahan agar tidak lagi sama dengan PD Mabmi lainnya.

Hal ini dijawab Prof Wan Saifuddin yang mengarahkan kepada SC untuk segera melakukan perubahan lambang atau Panji dan hal-hal yang urgen yang ada dalam AD/ART.

Selanjutnya tepat Pukul 20.15 Wib pimpinan sidang T. Akhmad Syamrah, SH mmencabut skor yang sebelumnya diletakan bahwa pimpinan sidang memberikan kesempatan kepada peserta untuk membentuk kelompok masing masing 3 Kelompok.

Baca Juga : Forkopimda Sumut Sambut Kedatangan Kapoldasu di Bandara Kualanamu

Guna memberikan keputusan siapa yang ditetapkan sebagai calon ketua formatur dan calon anggota formatur dari 10 DPD Kabupaten Kota.

Disimpulkan tim formatur disepakati sebanyak 5 orang dan sebagai calon ketua terpilih :

1. Prof H. Wan Saifuddin, Ma, Ph.d

2. Datuk Chairul Sebagai Calon Anggota.

3. T.Akhmad Syamrah Sebagai Calon Anggota

4. T. Abd Somad Sebagai Calon Anggota

5. Datuk Fahrul Rozi Sebagai Calon Anggota.

Tepat pukul 22.00 Wib para peserta MUBES DPP MABMI kembali di musyawarahkan dengan pertanyaan oleh pimpinan sidang apakah calon Ketua dan calon anggota formatur masih dilakukan perubahan atau adanya peserta ingin menentukan lain diberi waktu 10 menit.

Para peserta kembali melalui juru bicaranya Syofian dari Kabupaten Karo menyatakan sikap dan hasil kesepakatan dari peserta Mubes Sibolangit menetapkan calon formatur menjadi tim formatur.

Sehingga hasil kesepakatan yang awalnya calon telah ditetapkan sebagai tim formatur. Karena puncak acara sudah tercapai maka.

Tepat pukul 23.30 Wib sidang penentuan formatur ditutup dan sebelum ditutup dilanjutkan pembacaan doa oleh Ketua DPD Tanjung Balai Dtm. Friyadi. Serta foto dan bernyanyi bersama sama.

(KRO/RD/SURYA).