Mulai Biasakan, Ternyata Ini Manfaat BAB Pagi Hari

12

RADARINDO.co.id : Buang Air Besar (BAB) merupakan proses alamiah untuk membuang kotoran sisa pencernaan dan metabolisme tubuh. Kotoran harus dikeluarkan agar tak menjadi racun dan merusak tubuh.

Ternyata, BAB secara rutin, terutama di pagi hari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Waktu terbaik buang air besar adalah pada pagi hari setelah bangun tidur. Faktanya, usus besar berkontraksi dan meremas tiga kali lebih keras pada jam pertama kita bangun.

Baca juga : Coba Beberapa Cara Ini untuk Atasi Kesemutan


Setelah bangun tidur, tubuh akan membuang setiap kotoran dari hari sebelumnya. Tubuh juga akan bersiap menerima dan memproses nutrisi baru dengan keadaan pencernaan yang lebih bersih. Melansir cnnindonesia.com, berikut manfaat BAB pada pagi hari.

Kurangi gas dan kembung

Buang air besar lebih awal pada pagi hari bisa mengurangi kemungkinan Anda BAB lagi di waktu berikutnya. Hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi gas dan kembung, sehingga membuat Anda siap menjalani hari yang lebih nyaman.

Cegah sembelit

Buang air besar yang konsisten dan tepat waktu, termasuk di pagi hari, bermanfaat membantu menjaga keseimbangan bakteri usus, yang berperan penting dalam pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan. Buang air besar yang tertunda atau jarang dapat menyebabkan sembelit, yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, kembung, dan bahkan komplikasi yang lebih serius.

Baca juga : Jangan Konsumsi Makanan Ini Bersamaan dengan Telur

Detoksifikasi tubuh

Saat kita tidur, tubuh masih aktif dalam proses detoksifikasi. Salah satu cara utama tubuh mengeluarkan racun adalah melalui proses pencernaan dan buang air besar. Buang air besar setiap pagi membantu mengeluarkan racun-racun yang terakumulasi dalam tubuh. Ini membantu menjaga organ-organ penting seperti hati, ginjal, dan limpa tetap sehat. (KRO/RD/CNN)