Negara Punya Agen Dinas Rahasia Terbaik Dunia Paling Ditakuti

128 views

RADARINDO.co.id-Medan : Setiap negara di dunia ini memiliki militer yang kuat untuk menjaga kedaulatan. Tidak hanya itu, setiap negara juga mempunyai Spy atau agen dinas rahasia (mata- mata- Red).

Dinas rahasia atau badan intelijen dunia dianggap penting untuk mendapatkan informasi. Kehadiran mata-mata atau Spy bukan hal asing bagi masyarakat awam.

Baca juga : Anies: Arus Perbaikan VS Arus Penghancuran

Negara yang punya Spy terbaik di dunia dan paling ditakuti. Mereka diketahui memiliki agen atau badan mata-mata resmi.
Mata-mata ini di setiap negara ini biasanya bertugas untuk mengumpulkan informasi penting, yang bisa memengaruhi kebijakan atau tindakan suatu negara.

Berikut negara yang dinilai punya mata-mata atau Spy terbaik di dunia, sesuai dilansir India Times, ada 6 negara memiliki agen dinas rahasia atau mata-mata terbaik di dunia diantaranya:

1. Amerika Serikat atau Negeri Paman Sam ini punya CIA (Central Intelligence Agency), yang kantornya berbasis di Langley, Virginia. Didirikan sejak 18 September 1947, CIA adalah intelijen sipil dari pemerintah federal Amerika Serikat dan garis pertahanan pertama untuk Amerika.

2. India, salah satu negara besar di Asia Selatan ini punya badan mata-mata yang dinamakan RAW, Research and Analysis Wing. Salah satu tugas utamanya yakni mengumpulkan intelijen asing, kontra-terorisme, memberi masukan pada pembuat kebijakan India, dan memajukan kepentingan strategis luar negeri India. RAW sendiri didirikan setelah perang China-India tahun 1962 dan perang India-Pakistan tahun 1965.

3. Israel memiliki Mossad adalah mata-mata resmi milik negara Israel. Bermarkas di Tel Aviv, Institute for Intelligence and Special Operations ini adalah badan intelijen nasional Israel sama seperti CIA, memiliki agen aktif yang tersebar di seluruh dunia dan terlibat dalam pengumpulan intelijen, operasi rahasia, dan melindungi kepentingan orang-orang Yahudi.

4. Pakistan ISI (Inter-Services Intelligence), milik Pakistan juga disebut sebagai negara dengan mata-mata terbaik di dunia. Bermarkas di Islamabad, ISI yang didirikan sejak 1 Januari 1948 adalah pihak yang bertanggung jawab untuk memberikan penilaian intelijen keamanan kepada pemerintah Pakistan.

5. Inggris mempunyai MI6 (Secret Intelligence Service) di Inggris ini sudah ada sejak 4 Juli 1909. Mata-mata yang sudah berusia kurang lebih 613 tahun, tak heran Inggris masuk sebagai negara yang memiliki mata-mata terbaik di dunia.

Baca juga : Inilah Negara Melarang Penduduknya Merokok

6. Rusia yang memiliki GRU atau yang dalam bahasa Inggris adalah Direktorat Intelijen Utama. GRU yang merupakan Badan Intelijen Utama Rusia, membuat negara ini jadi salah satu negara dengan mata-mata terbaik di dunia. GRU adalah badan intelijen asing terbesar Rusia.

Ada beberapa negara yang memiliki agen dinas rahasia atau Spy yang tidak kalah hebat dengan negara lainya. Namun mereka tidak mau menonjolkan. Meski tidak populer tapi agen dinas rahasia mereka memiliki keahlihan yang tangguh. (KRO/RD/Okt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini