Pastikan Stok dan Stabilitas Harga, Bupati Samosir Monitoring Pasar

15

RADARINDO.co.id – Samosir : Menjelang Hari raya Idul Fitri 1445 H, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom dan Wabup Martua Sitanggang bersama Forkopimda Kabupaten Samosir melakukan monitoring stok bapokting dan stabilitas harga di Pasar Onan Baru Pangururan-Desa Pardomuan I, Rabu (27/3/2024).

Baca juga : Berkat Terobosan Kajari Padangsidimpuan, Rio Miliki Keluarga Baru

Monitoring dilakukan guna mengetahui kondisi stok ketersediaan bapokting serta memantau harga bahan pokok baik ditingkat agen maupun penjual sekaligus sebagai upaya pengendalian inflasi.

Berdasarkan hasil monitoring, untuk stok dan ketersediaan bapokting masih cukup aman menjelang Idul Fitri. Harga Bapokting relatif stabil dan terjangkau walaupun terdapat kenaikan harga pada beberapa bapokting, namun ada juga yang mengalami penurunan.

Bawang merah mengalami kenaikan harga dari 35. 000/kg menjadi Rp45.000, telur ayam ras mengalami penurunan harga dari Rp. 55.000 menjadi Rp. 52.000, beras medium berada di harga Rp. 14.000 dan premium Rp. 15.000.

Baca juga : Polres Palas Ungkap Kasus Narkoba Selama Maret 2024

Bupati Samosir menghimbau para pedagang untuk bisa menciptakan harga yang sama terhadap barang yang sama, tidak menaikkan harga secara sepihak serta tidak melakukan penimbunan stok yang mana akan dapat menimbulkan kenaikan harga dan meningkatnya Inflasi.

Terkait adanya kenaikan harga pada beberapa Bapokting, Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang mengatakan akan tetap melakukan monitoring dengan menurunkan personel dari dinas yang menangani.

“Dari hasil monitoring terdapat kenaikan harga beras dan beberapa bahan pokok, namun bapokting lainnya seperti gula, minyak goreng, tepung, serta daging relatif stabil,” kata Martua. (KRO/RD/P Simbolon)