Pejabat Sergai Jalani Swab Test

64

RADARINDO.co.id-Sergai:
Dalam upaya mencegah klaster baru serta menekan dan memutus mara rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) pasca Bupati Sergai H Soekirman yang juga Ketua Gugus Tugas positif Covid-19 sejumlah pejabat Pemkab Sergai dan masyarkat menjalani Swab test di Poliklinik Dinas Kesehatan Sergai di komplek kantor Bupati di Jalan Negara Sei Rampah.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Sergai Drs Akmal yang dihubungi Waspada, Kamis (17/9) sore via WhatsApp menuturkan Rapid test dan Swab test massal yang digelar Pemkab Sergai dalam upaya mencegah klaster baru penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sergai.

“Adapun pejabat Pemkab Sergai yang menjalani Swab test hari ini (Kamis) meliputi Kepala OPD 9 orang termasuk saya, kemudian Kabag ada 3 orang, Camat ada 16 orang, Pihak Kepolisian ada 6 orang, Dokter tenaga medis ada 5 orang, Babinsa TNI ada satu orang dan masyarakat ada 8 orang, jumlah total 51 orang”, terang Akmal.

Sebelumnya imbuh Jubir Gustu, Rabu (16/9) ditempat yang sama sebanyak 331 orang ASN dan masyarakat telah menjalani Rapid test, 54 sorang diantaranya telah menjalani Swab test 42 orang diantaranya merupakan Komisioner dan staf Sekretariat KPUD Sergai.

“Rapid test dan Swab test juga dalam upaya bagian dari langkah antisipasi Gugus Tugas untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sergai yang menunjukkan peningkatan kasus signifikan walaupun kesembuhan juga meningkat signifikan”, jelas Akmal.

Saat disinggung Waspada, jika masih ada masyarakat yang merupakan stracing kontak erat dengan Bupati Sergai yang meminta untuk Rapid test maupun Rapid test, Akmal menyatakan pihak Gugus Tugas akan berkoordinasi kembali dengan pihak Dinas Kesehatan Sergai, mengingat hari ini merupakan hari terakhir Rapid test dan Swab test massal yang digelar Pemkab Sergai.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sergai dr Helminur Sinaga yang dikonfirmasi Waspada di lokasi swab test terkait hasil swab, dirinya menyatakan hasil swab akan diterima dalam 10 hari kedepan berhubung banyaknya jumlah peserta swab massal.

Pantauan Waspada, dari kalangan masyarakat yang ikut menjalani swab test, Kamis siang di Poliklinik Dinas Kesehatan Sergai merupakan warga yang kontak erat dengan Bupati Sergai sebelum dinyatakan positif Covid-19.(KRO/RD/Waspada)