Pelindo Serahkan Bantuan Kapal dan Mesin Penghancur Eceng Gondok

8

RADARINDO.co.id – Samosir : Danau toba sebagai salah satu destinasi super prioritas di Indonesia tidak terlepas dari masalah lingkungan, salah satunya disebabkan oleh pertumbuhan eceng gondok (eichornia crassipes) yang tidak terkendali.

Baca juga : KPK “Intai” Rekam Jejak DPKPPR Kota Medan Buruk

Eceng gondok tumbuh dengan cepat dan menutupi permukaan air danau, menganggu ekosistem perairan, mengurangi kualitas air sehingga dapat menghambat aktivitas ekonomi seperti perikanan dan pariwisata. 

Dilatarbelakangi permasalahan tersebut, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) menyerahkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sarana dan prasarana berupa 1 unit kapal rakit pengangkut eceng gondok beserta mesin pencacah eceng gondok.

Baca juga : Pelindo Group dan BNN Sumut Gelar Latihan Peningkatan Kapasitas Kerja

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Regional Division Head Pelayanan SDM dan Umum Regional 1 Pelindo, Kasih Dwi Yanti, kepada tokoh masyarakat Sibea-Bea bernama Tanggu Pasaribu, di kawasan wisata Sibea-bea, Kamis (06/6/2024).

Regional Division Head Pelayanan SDM dan Umum Regional 1 Pelindo, Kasih Dwi Yanti mengatakan, bantuan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat saat ini. Dengan adanya kapal pengangkut eceng gondok, masyarakat lebih mudah mengumpulkan eceng gondok di permukaan air, bahkan dapat mengangkut dalam jumlah besar.

Sedangkan mesin pencacah digunakan untuk mencacah eceng gondok yang bisa dijadikan pupuk kompos untuk tanaman di sekitar Desa Sibea-Bea. “Bantuan ini diharapkan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Sibea-Bea, baik dari sektor pariwisata, perikanan, maupun pertanian,” tandasnya. (KRO/RD/Ganden/Jumadi)